Bahan Ajar Pertumbuhan
dan Pembangunan Ekonomi
Materi Lintas Minat
Kelas XI IPA
KI.3 Memahami,menerapkan dan menganalisis
pengetahuan faktual,konseptual prosedural dan
Metakoknitif berdasarkan rasa ingin tahu
tentang ilmu pengetahuan,teknologi,seni budaya dan
Humaniora dengan wawasan kemanisian
kebangsaan dan kenegaraan dan peradaban terkait
Penyebab fenomena dan kejadian ,serta
menerapkan pengetahuan prosudural pada bidang
Kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
KI. 4 Mengolah,menalar dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
Perkembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri,bertindak
secara efektif
Dan
kreatif serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
Kd.3.2
Menganalisis konsep pertubuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi serta
permasalahan
Dan
cara mengatasinya.
4.2 Menyajikan
hasil temuan permasalahan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi
Serta
cara mengatasinya.
Idikator :
Setelah mempelajari materi pertumbuhan ekonomi
dan pembangunan ekonomi siswa dapat :
·
Memahami pertumbuhan
ekonomi
·
Menjelaskan cara
mengukur pertumbuhan ekonomi
·
Memehami pengertian
pembangunan ekonomi
·
Menjelaskan perbedaan
pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi
·
Memehami perencanaan
pembangunan ekonomi
·
Menyebutkan indikator
keberhasilan pembangunan ekonomi
·
Menjelaskan faktor –
faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi
·
Mengidentifikasikan masalah
pembangunan ekonomi dinegara berkembang
·
Menjelaskan kebijakan
dan strategi pembangunan ekonomi
·
Mengolah informasi/data
yang diperoleh dari sumber – sumber terkait serta membuat hubungan untuk
mendapatkan kesimpulan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi
Alokasi waktu : 6 minggu x 2 jam pelajaran @45
menit ( 6 x tatap muka )
Kelas : XI IPA 2
Hari/tanggal : Kamis/ 22 Agustus 2019
Pertemuan : Pertama
Istilah
pertumbuhan bisa dartikan berbeda oleh satu orang lain,daerah yang satu
dengan daerah lain, negara satu dengan negara
lain. Penting bagi kita untuk dapat memiliki definisi yang sama dalam
mengartikan pertumbuhan. Secara tradisional pertumbuhan memiliki peningkatan
terus menerus pada Gross Domestic Product atau Produk Domestik Bruto suatu
negara. Untuk daerah, makna pertumbuhan yang tradisonal difokuskan pada
peningkatan Produk Domestik Regional Bruto suatu provinsi, kabupaten atau kota.
a.
Menurut pandangan para ekonom klasik (Adam Smith, David Ricardo,
Thomas Robert Malthus dan John Stuart Mill), maupun para
ekonom neoklasik (Robert Sollow dan Trevor Swan), pada dasarnya ada empat
faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi yaitu
·
jumlah penduduk,
·
jumlah stok barang modal,
·
luas tanah dan kekayaan alam,
dan
·
tingkat teknologi yang digunakan.
Suatu perekonomian
dikatakan mengalami pertumbuhan atau berkembang apabila tingkat kegiatan
ekonominya lebih tinggi daripada apa yang dicapai pada masa sebelumnya. (Mudrajad Kuncoro, “ Otonomi
dan Pembangunan Daerah: Reformasi, Perencanaan, Strategi, dan Peluang “,
Penerbit Erlangga, Jakarta, 2004.)
b.
Prof. Simon Kuznet, mendefinisikan pertumbuhan
ekonomi sebagai kenaikan jangka panjang dalam kemampuan suatu
negara untuk menyediakan semakin banyak jenis barang-barang ekonomi kepada
penduduknya, kemampuan ini tumbuh sesuai dengan kemajuan teknologinya dan
penyesuaian kelembagaan dan ideologis yang diperlukan.( M. L. Jinghan, Ekonomi
Pembangunan dan Perencanaan, edsisi 3, Rajawali Press, Jakarta)
c.
M. P. Todaro mendefinisikan pertumbuhan ekonomi sebagai suatu proses yang
mantap dimana kapasitas produksi dari suatu perekonomian meningkat sepanjang
waktu untuk menghasilkan tingkat pendapatan nasional yang semakin besar.( M.P. Todaro,
Pembangunan Ekonomi di Dunia Ke Tiga, edisi 4, Penerbit Erlangga,
Jakarta)
d.
Menurut Budiono (1994), pertumbuhan ekonomi adalah suatu
proses pertumbuhan output perkapita jangka panjang yang terjadi apabila ada
kecenderungan (output perkapita untuk naik) yang bersumber dari proses intern
perekonomian tersebut (kekuatan yang berada dalam perekonomian itu sendiri),
bukan berasal dari luar dan bersifat sementara. Atau dengan kata lain bersifat
self generating, yang berarti bahwa proses pertumbuhan itu sendiri menghasilkan
suatu kekuatan atau momentum bagi kelanjutan pertumbuhan tersebut dalam
periode-periode selanjutnya (Budiono, Teori
Pertumbuhan Ekonomi, edisi 1, bpfe,Jogjakarta, 1994)
e.
Sadono Sukirno berpendapat bahwa pertumbuhan ekonomi merupakan perubahan
tingkat kegiatan ekonomi yang berlaku dari tahun ke tahun. Sehingga untuk
mengetahuinya harus diadakan perbandingan pendapatan naional dari tahun ke
tahun, yang dikenal dengan laju pertumbuhan ekonomi (Sadono Sukirno, Ekonomi
Pembangunan, Penerbit FEUI,
A. pilihlah
salah satu jawaban a,b,c,d atau e yang paling benar !
1. Pertumbuhan
ekonomi mempunyai makna sebagai berikut :
A.Pertambahan
penduduk D.
Pertambahan income perkapita
B.Pertambahan
GNP E.
Pertambahan GDP
C.
Pertambahan NNI
2. Pertumbuhan ekonomi dipengaruhi oleh faktor –
faktor dibawah ini kecuali…
A. Kekayaan alam D. Asal daerah
B. Kuantitas tenaga kerja E.
Tersedianya modal
C. Pola pikir masyarakat
3. Tingkat
pertumbuhan ekonomi menurut Friedrich
List diawali dengan tingkat
Perekonomian ..
A. Rumah
tangga tertutup D.
Masa tradisional
B. Prakapitalisme E.
Masa barter
C. Pengumpul
hasil alam
4. Tingkat
pertumbuhan ekonomi yang terakhir menurut Karl Bucher adalah…
A. Perekonomian bangsa D.
Masa konsumsi tinggi
B. Perekonomian kredit E.
Masa perekonomian dunia
C. Perekonomian kapitalis
5.
Scumpeter menyatakan bahwa yang paling berperan dalam pertumbuhan ekonomi
adalah…
A. Entrepeniur D.
Sistem ekonomi yang mantab
B. Pemerintah E.
Teknologi yang digunakan dalam
C. Tenaga yang profesional ekonomi
B. Jawablah
pertanyaan ini dengan benar !
1. Tuliskan
empat faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi menurut ekonomi klasik.
2. Tuliskan
pengertian pertumbuhan ekonomi menurut Prof. Simon Kuznet
3. Jelaskan
pengertian pertubuhan ekonomi menurut M. P. Todaro
mendefinisikan
4. Jelaskan
pengertian pertumbuhan ekonomi
5. Tuliskan
tahap – tahap pertumbuhan ekonomi menurut Karl Bucher.
Komentar
Posting Komentar