materi keseimbangan pasar dan struktur pasar X IPS
Materi : Ekonomi
Hari/Tanggal : Selasa/20 Oktober 2020
Kelas : X IPS 2,X IPS 3
Kd : 3.4 Pasar Dalam Perekonomian
Peran pasar dalam perekonomian
Keberadaan pasar mempunyai fungsi yang penting. Bagi konsumen, adanya pasar
akan mempermudah dalam memperoleh barang dan jasa kebutuhan sehari-hari. Adapun
bagi produsen, pasar menjadi tempat untuk mempermudah proses penyaluran barang
hasil produksi. Secara umum, pasar mempunyai tiga fungsi utama, yaitu sebagai
sarana distribusi, pembentukan harga, dan sebagai tempat promosi.
Pasar sebagai Sarana Distribusi
Pasar sebagai sarana distribusi, berfungsi memperlancar proses penyaluran barang atau jasa dari produsen kepada konsumen. Dengan adanya pasar, produsen dapat berhubungan dengan konsumen, baik secara langsung maUpun tidak langsung untuk menawarkan hasil produksinya.
Pasar sebagai Pembentuk Harga
Pasar merupakan tempat pertemuan antara penjual dan pembeli untuk
ber-transaksi. Interaksi antam pembeli dan penjual di pasar akan mendorong
ter-bentuknya harga. Dengan demikian, pasar berfungsi sebagai pembentuk harga.
Pasar sebagai Sarana Promosi
Pasar sebagai sarana promosi artinya pasar menjadi tempat untuk
memperkenalkan dan menginformasikan suatu barang/jasa tentang manfaat,
keunggulan, dan kekhasannya pada konsumen. Promosi dilakukan untuk menarilc
minat pembeli terhadap barang atau jasa yang diperkenalkan. Biasanya produsen
yang menawarkan barang dengan harga murah dan kualitasnya bagus alcan menjadi
pilihan konsumen.
Macam-macam pasar
Pasar menurut Pelayanan dan Kelengkapannya
Pasar tradisional, dalam pasar tradisional, pembeli dilayani langsung oleh
penjual, sehingga dimungkinkan masih terjadi tawar menawar harga. Contoh pasar
Beringharjo di Yogyakarta, pasar Johar di Semarang.
Pasar modern, dalam pasar modern, pelayanan dilakukan secara mandiri dan
dilayani oleh pramuniaga.
Pasar menurut Fisik
Pasar kongkret/riil, adalah pasar di mana penjual dan pembeli bertemu
langsung dan barang yang diperjualbelikan benar-benar ada. Ciri-cirinya:
transaksi tunai, barang dapat langsung dibawa,barang yang
diperjualbelikan benar-benar ada dan penjual pembeli bertemu langsung.
Pasar abstrak, adalah pasar di mana penjual dan pembali tidak bertemu
secara langsung dan barang yang diperjualbelikan tidak tersedia secara
langsung. Ciri-cirinya: transaksi berlandaskan rasa percaya, penjual pembeli
berada di tempat yang berbeda, barang yang diperjualbelikan tidak tersedia
(hanya contohnya saja).
Pasar menurut Waktu Terjadinya:
Pasar harian, pasar yang penyelenggaraannya setiap hari.
Pasar mingguan, pasar yang penyelengggaraanya setiap seminggu sekali.
Pasar bulanan, pasar yang penyelenggaraanya sebulan sekali.
Pasar tahunan, pasar penyelenggaraannya setahun
Pasar menurut Luas Wilayah Kegiatannya
Pasar lokal, pasar yang daerah pemasarannya hanya meliputi daerah tertentu,
barang yang diperjualbelikan adalah barang kebutuhan masyarakat di sekitarnya.
Pasar nasional, pasar yang daerah pemasarannya meliputi wilayah satu
negara, barang yang diperjualbelikan adalah barang yang dibutuhkan masyarakat
negara tersebut.
Pasar regional, adalah pasar yang daerah pemasarannya meliputi beberapa
negara di wilayah tertentu dan biasanya didukung dengan perjanjian kerjasama
misalnya AFTA di wilayah Asia Tenggara.
Pasar internasional/pasar dunia, adalah pasar yang daerah pemasarannya
meliputi seluruh kawasan dunia, barang yang diperjualbelikan adalah barang yang
dibutuhkan semua masyarakat dunia
Pasar menurut Barang yang Diperjualbelikan
Pasar barang konsumsi, adalah pasar yang memperjualbelikan barang yang
secara langsung dapat dikonsumsi, misalnya pasar sembako, pasar buah.
Pasar barang produksi, adalah pasar yang memperjualbelikan barang
produksi atau faktor-faktor produksi, misalnya pasar bibit ikan, pasar
mesin-mesin pabrik, bursa tenaga kerja.
Pasar menurut Bentuk/Organisasi Pasar
Pasar persaingan sempurna (perfect competition market),adalah pasar
yang terdapat banyak penjual dan pembeli sehingga harga tidak bisa ditentukan
oleh masing-masing penjual/pembeli.
Ciri-cirinya:
- Pengetahuan penjual dan pembeli sempurna
- Penjual dan pembeli bebas keluar masuk pasar
- Penjual dan pembeli banyak
- Barang yang diperjualbelikan bersifat homogen
Pasar persaingan tidak sempurna (imperfect competition market),
adalah pasar di mana jumlah pembeli lebih banyak daripada jumlah penjual.
Ciri-ciri:
- Pengetahuan pembeli tentang pasar terbatas
- Terdapat hambatan nutuk memasuki pasar
- Jumlah penjual sedikit
- Barang yang diperjualbelikan heterogen
Pasar persaingan tidak sempurna dibedakan menjadi:
Pasar monopoli, adalah
pasar yang sepenuhnya dikuasai satu penjual. Contoh: PLN menguasai listrik di
Indonesia.
Ciri-ciri:
-Terdapat satu penjual dan banyak pembeli.
- Harga ditentukan oleh penjual.
- Tidak ada barang lain yang dapat menggantikan barang yang diperjualbelikan.
- Ada rintangan bagi penjual baru yang ingin masuk.
Penyebab timbulnya pasar monopoli:
- Ditetapkan oleh pemerintah berdasarkan undang-undang
- Penggabungan dari berbagai perusahaan
- Adanya hak paten atas hasil karya
Hambatan yang terjadi pada pasar monopoli:
- Penetapan harga serendah mungkin
- Adanya kepemilikan terhadap hak paten/hak cipta dan hak eksklusif
- Pengawasan yang ketat terhadap agen dan distributor
- Adanya skala ekonomis yang sangat besar
- Memiliki sumber daya yang unik
Pasar duopoli, yaitu pasar
yang dikuasai oleh dua penjual. Contoh: Caltex dan Pertamina menguasai
minyak pelumas.
Ciri-ciri:
- Terdapat dua penjual dan banyak pembeli.
- Harga ditentukan secara sepihak oleh kedua penjua
Pasar oligopoli,
yaitu pasar yang dikuasai oleh beberapa penjual. Contoh: Honda, Suzuki,
Yamaha, dan Kawasaki menguasai sepeda motor.
Ciri-ciri:
- Terdapat beberapa penjual dan banyak pembeli
- Barang yang diperjualbelikan bersifat homogen
- Terdapat hambatan bagi penjual baru
- Adanya saling ketergantungan
- Penggunaan iklan sangat intensif
Pasar monopolistik,
yaitu pasar dimana terdapat banyak produsen yang menjual barang yang sama
tetapi dengan berbagai macam variasi.
Ciri-ciri:
- Terdapat banyak produsen
- Barang yang diperjualbelikan sama tetapi dengan berbagai macam variasi
- Adanya kemudahan bagi produsen baru untuk menawarkan produknya
- Selalu terbuka peluang untuk menciptakan persaingan
Pasar monopsoni, yaitu
pasar dimana terdapat banyak penjual tetapi pembelinya hanya satu.
Ciri-ciri:
- Terdapat banyak produsen
- Pembeli hanya satu
- Para produsen bersaing keras untuk memberikan pelayanan dan harga serendah
mungkin
Struktur pasar/ bentuk pasar:
Pasar Persaingan Sempurna
Pasar Persaingan Sempurna adalah pasar yang memiliki karaktersitik sebagai
berikut.
Homogenitas Produk {Homogeneous Product), yaitu produk yang
diperjualbelikan homogen atau sejenis.
Pengetahuan Sempurna (.Perfect Knowledge), yaitu pengetahuan konsumen dan
produsen sempurna tentang produk dan harga sehingga tidak ad a satu orang
produsen dan konsumen pun yang bisa menentukan harga, harga ditentukan oleh
kekuatan permintaan dan penawaran yang berinteraksi secara alami di pasar.
Output Perusahaan Belatif Kecil (Small Relativity Output), yaitu jumlah
barang di pasar sangat banyak sehingga output perusahaan hanya bagian kecil
dari output yang ada di pasar.
Perusahaan Menerima Harga yang Ditentukan Pasar {Price Taker), yaitu harga
ditentukan oleh mekanisme pasar, hasil interaksi secara alamiah antara
permintaan dan penawaran. Keleluasaan Keluar Masuk Pasar {Free Entry and Exit).
Yaitu terdapat kebebasan bagi penjual dan pembeli untuk keluar masuk pasar
tanpa hambatan masuk atau hambatan keluar.
Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Komentar
Posting Komentar