Kisi - Kisi Soal LUS KelasXII IPS 3
Nama Guru : Zuraida,S.Pd
Mata pelajaran : Ekonomi
Kelas : XII IPS 3
Jam ke : 3,4
Kd. : Semua Kd
: LUS (Kisi - Kisi LUS)
Materi : Tahap pengikhtisaran Akuntansi perusahaan dagang
Tujuan : Siswa dapat memahami Kisi - Kisi LUS
Kegiatan Siwa : Mempelajari Kisi - Kisi Lus
Appersepsi : Assalamualaikum anak anak ibu semoga kalian sehat selalu dan tetap semangat
belajar walau dalam kondisi covid 19,kita masih tetap belajar PJJ,sebelum belajar
Akuntansi semoga kalian semua sudah melaksanakan solat duha ya,Aamiin
Hari ini silahkan kalian pelajari kisi - kisi LUS berikut ini,semoga kalian sukses
semua Aamiin Yra
KISI-KISI
SOAL
Mata Pelajaran :..LUS .EKONOMI KURIKULUM 2013
No. |
Kompetensi Dasar |
Materi |
Kelas/
Semester |
Indikator Soal |
Level Kognitif |
Bentuk
Soal |
No. Soal |
3.1. |
Mendeskripsikan konsep ilmu ekonomi |
Masalah ekonomi (Kelangkaan/scarcitydan kebutuhan yang relatif
tidak terbatas)
Kebutuhan
Biaya Peluang
|
X/I |
Disajikan pernyataan mengenai
masalah kelangkaan ,peserta didik dapat menentukan cara
mengatasi kelangkaan yang tepat
Disajikan 5 macam contoh
kebutuhan manusia, peserta didik diminta menentukan kebutuhan menurut sifat
Disajikan suatu data 3
pilihan pekerjaan yang dihadapi seseorang, dan satu pekerjaan yang dipili,
peserta didik diminta menetukan biaya peluang dari data yang disajikan
|
C1
C1
C2
|
PG |
1
2
3 |
3.2. |
Menganalisis masalah ekonomi dalam sistem
ekonomi. |
Masalah Pokok Ekonomi
Sistem Ekonomi ·
Pengertian sistem ekonomi ·
Macam-macam sistem ekonomi Kekuatan dan kelemahan masing-masing sistem
ekonomi |
X/I |
Peserta didik dapat menentukan
masalah ekonomi klasik dari 6
pernyataan mengenai masalah ekonomi klasik yang disajikan.
Disajikan suatu
pernyataan mengenai salah satu masalah ekonomi modern, peserya didik diminta
menyimpulkan masalah ekonomi yang tepat dari pernyataan yang disajikan
Disajikan 5 ciri ciri
sistem ekonomi, peserta didik diminta
menetukan ciri cirri system ekonomi pasar dengan benar Disajikan 3 pernyataan
mengenai kelebihan suatu sistem ekonomi, peserta didik diminta menentukan
system ekonomi yang tepat dari pernyataan tersebut |
C1
C1
C1
C1
|
PG |
4
5
6
7
|
3.3. |
Menganalisis peran pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi |
Pelaku Ekonomi
Biaya Produksi
|
X/I |
Disajikan 3 peran konsumen dan 3 peran produsen
secara acak, peserta didik dapat
menyebutkan 3 peran konsumen dengan benar
Disajikan fungsi TR dan fungsi TC, peserta didik
diminta menghitung jumlah barang yang harus dijual dalam keadaan BEP |
C1
C3 |
PG |
8
9
|
3.3 |
Menganalisis peran pelaku ekonomi dalam kegiatan
ekonomi |
Circular Flow diagram |
X/I |
Disajikan gambar circular flow diagram
perekonomian 2 sektor peserta didik dapat menjelaskan hubungan peran
antara produsen dan konsumen pada pasar ioutput
|
C3
|
PG |
10
|
3.4 |
Mendeskripsikan terbentuknya keseimbangan pasar
dan struktur pasar |
Pengertian permintaan dan penawaran
Faktor faktor yang
mempengaruhi permintaan dan penawaran
Fungsi permintaan
Proses terbentuknya keseimbangan pasar
Elastisitas permintaan dan penawaran |
X/I |
Peserta didik dapat menyimpulkan pernyataan yang
berkaitan dengan penawaran ( Supply)
Disajikan 5 faktor – faktor
yang mempengaruhi permintaan dan penawaran , peserta didik diminta menentukan
faktor yang mempengaruhi penawran
Disajikan data mengenai harga dan jumlah barang yang diminta, peserta
didik diminta menentukan fungsi permintaan dari data yang disajikan
Disajikan data harga , jumlah permintaan dan jumlah penawaran minyak
goreng di suatu pasar sebelum harga naik dan sesudah harga naik, siswa
menghitung titik keseimbangan pasar setelah pajak berdasar data
yag disajikan.
Disajikan data harga barang dan jumlah barang yang ditawarkan sebelum
harga naik dan setelah harga niak, sisw menghitung elastisitas penawaran dari
data yang disajikan |
C1
C1
C2
C3
C2
‘
|
PG |
11
12
13
14
15
|
|
|
Struktur pasar /bentuk pasar
|
X/I |
Disajikan 5 ciri dari pasar output, peserta didik
dapat menentukan 3 ciri-ciri dari pasar persaingan sempurna yang benar. |
C1 |
|
16 |
3.5. |
Mendeskripsikan lembaga jasa keuangan dalam perekonomian
Indonesia |
OJK
Jenis-jenis Bank
berdasarkan fungsinya |
X/II |
Disajikan ilustrasi mengenai
wewenang OJK berdasar UU Nomor 21 tahun 2011, peserta didik menentukan
wewenang OJK dalam melindungi konsumen berdasar ilustrasi tersebut
Disajikan 5 pernyataan mengenai tugas Bank sentral dan Bank umum,
peserta didik menentukan tugas dari Bank sentral
Disajikan ilustrasi mengenai salah satu prinsip bank syariah, peserta
didik diminta menentukan prinsip syariah dengan tepat
Disajikan ilustrasi mengenai tugas dari lembaga penunjang pasar modal
, peserta didik diminta menentukan lembaga penunjang pasar modal dengan
tepat. |
C2
C1
C1
C1 |
|
17
18
19
20 |
3.6 |
Mendeskripsikan
bank sentral, sistem pembayaran dan alat pembayaran dalam perekonomian
Indonesia |
Wewenang bank sentral
|
X/II |
Disajikan ilustrasi mengenai penggunaan e money dan e toll, peserta
didik diminta menyimpulkan wewenang Bank Sentral dengan benar dari ilustrasi
yang disajikan
Peserta didik diminta menentukan pengertian system pembayaran yang
benar
Disajikan 5 fungsi uang , peserta didik diminta menentukan fungsi asli uang
Disajikan 5 alat pembayaran tunai dan non tunai, peserta didik diminta
menentukan alat pembayaran non tunai
|
C2
C1
C1
C1
|
|
21
22
23
24 |
3.7 |
Mendeskripsikan
konsep manajemen |
Fungsi Manajemen |
X/II |
Disajikan ilustrasi yang berkaitan dengan kegiatan fungsi manajemen,
peserta didki menetukan fungsi majaemen yang tepat dari ilustrasi tersebut
Disajikan 5 pernyataan mengenai bidang- bidang manajemen, peserta
didik diminta menentukan bidang manajemen keuangan
|
C2
C1 |
PG |
25
26 |
3.8 |
Mendeskripsikan
konsep badan usaha dalam perekonomian Indonesia
|
BUMN
Bentuk BUMS
|
X/II
|
Disajikan 5 ciri cirri BUMN dan BUMS, peserta didik diminta menentukan
cirri BUMS
Disajikan suatu pernyataan mengenai salah satu bentuk BUMS di
Indonesia, peserta didik diminta menentukan bentuk BUMS yang tepat
Disajikan ilustrasi mengenai salah satu peran dari BUMN , peserta
didik diminta menyimpulkan peran BUMN dengan tepat |
C1
C1
C2 |
PG |
27
28
29
|
3.9. |
Mendeskripsikan
perkoperasian dalam perekonomian Indonesia |
SHU
|
X/II
|
Disajikan data keuangan
koperasi simpan pinjam, peserta didik menghitung SHU dari data keuangan
tersebut
|
C3
|
PG |
30
|
3.1 |
Menganalisis
konsep dan metode penghitungan pendapatan nasional.
Menyajikan hasil analisis masalah ketenagakerjaan
dalam pembangunan ekonomi dan cara mengatasinya |
Pendapatan Nasional ·
Pengertian pendapatan nasional ·
Manfaat pendapatan nasional ·
Komponen-komponen/konsep pendapatan nasional ·
Metode penghitungan pendapatan nasional ·
Pendapatan per kapita Distribusi pendapatan
|
XI/I |
Peserta didik diminta menentukan
konsep GDP dengan benar
Peserta didik diminta menentukan konsep pendekatan produksi dengan
benar
Disajikan
data angka mengenai konsumsi,
tabungan, investasi serta ekspor dan impor , peserta didik dapat menghitung
pendapatan nasional dengan pendekatan pengeluaran
Disajikan data GNP dan jumlah pendduduk Negara A samapai Negara E,
peserta didik menghitung besarnya pendapatan perkapita salah satu Negara.
Disajikan angka mengenai nilai kosefisien gini, peserta didik diminta
menyimpulkan kategori ketimpangan yang tepat. |
C1
C1
C2
C2
C1
|
PG |
31
32
33
34
35
|
Komentar
Posting Komentar