Kerjasama Ekonomi Internasional Kelas XI IPS 2

 Materi                  : Ekonomi

Hari/Tanggal       :  Rabu / 15  Maret 2023 

Kelas                   : XI IPS 2

Jam ke                 : 3,4

Kd.3.8                 :   Mendeskripsikan Kerjasama Internasional

Materi.        :  ·   Pengertian kerjasama ekonomi internasional
               ·   Manfaat kerjasama ekonomi internasional
                   Part 2
 Assalamualaikum Anak anak yang soleh dan soleha silahkan baca materi ini dengan baik ya jika ada materi yg belum dipahami silahkan tanyakan keibu melalui wa atau vc,setelah membaca materi kerjakan soal yang ada di classroom

      Kerja sama internasional adalah hubungan yang dilakukan antara satu negara dengan negara lainnya, dengan memiliki tujuan bersama dan saling menguntungkan.

Setiap negara tidak mungkin bisa memenuhi kebutuhan pemerintah dan warganya sendiri. Hal itulah yang menyebabkan tiap negara melakukan kerja sama agar masyarakatnya sejahtera.

Pada umumnya, kerja sama internasional ini dilakukan dalam bidang sosial, politik, kebudayaan, pertahanaan keamanan serta ekonomi.

Kerja sama internasional ini dapat terjadi antara dua negara yang biasa dikenal dengan hubungan bilateral. Sementara akan disebut mulitirateral apabila dilakukan hubungan dengan beberapa negara.

Kerjasama Internasional  harus dilakukan berdasarkan ketentuan-ketentuan yang telah disepakati oleh negara yang saling bekerja sama.

Selain menguntungkan masing-masing negara, kerja sama internasional akan mempererat hubungan diplomasi yang baik antarnegara yang mengikuti atau menjalani kerja sama.

Prinsip kerja sama Internasional:

Tidak mencampuri adanya urusan pribadi dari negara lain.
Guna mewujudkan tatanan dunia baru dengan berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial

1.Tidak mencampuri adanya urusan pribadi dari negara lain

2.Guna mewujudkan tatanan dunia baru dengan berdasarkan kemerdekaan,                 perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Berlandaskan politik luar negeri bebas aktif.

4.Saling menguntungkan

5.Ditujukan untuk kepentingan nasional.

    Tujuan kerja sama internasional:

    1. Mempererat hubungan persahabatan

    Menjalin hubungan kerja sama internasional nantinya akan berdampak pada eratnya persahabatan antara negara-negara yang saling melakukan kerja sama. Hal ini mampu menghindari permusuhan antar negara-negara yang mengikuti kerja sama.

    2. Menciptakan perdamaian dunia

    Satu di antara dampak kerja sama internasional ialah terciptanya perdamaian dunia. Dengan begitu, kekerasan dan peperangan antarnegara yang melakukan kerja sama tidak akan terjadi. Jadi, kerja sama internasional ini bertujuan agar semua negara di seluruh dunia dapat mencapai perdamaian.

    3. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi setiap negara

    Satu di antara tujuan menjalin kerja sama internasional adalah untuk menunjang serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara tersebut. Diharapkan dengan adanya kerja sama internasional, negara di dunia akan maju secara merata dalam berbagai bidang, mulai teknologi, ekonomi, pendidikan, dan masih banyak lagi.

    4. Melengkapi kebutuhan negara

    Tujuan kerja sama internasional lainnya adalah guna melengkapi kebutuhan negara. Seperti diketahui, tiap negara mempunyai iklim serta keadaan alam yang berbeda-beda. Hal ini termasuk kondisi geografisnya, yang akan m

     


    Komentar

    Posting Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Persamaan Akuntansi Kelas XII IPA 2

    Uji Blok Persamaan Akuntansi Kelas XII IPS 2

    Perencanaan Produk Aksesoris Rumah Tangga Kelas X. 1