Pembahasan Soal LUS Kelas XII IPS 2
Nama Guru : Zuraida,S.Pd
Mata pelajaran : Ekonomi
Kelas : XII IPS 2
Jam ke : 7,8
Kd.3.1,3.2,3.3,3.4,3.5,3.6 : Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang
Materi : Tahap pencatatan perusahaan dagang
Tujuan : Siswa dapat memahami buku besar pembantu
Kegiatan Siwa : Mengerjakan latihan Buku pembantu utang dan piutang
Appersepsi : Assalamualaikum anak anak ibu semoga kalian sehat selalu dan tetap semangat
belajar walau dalam kondisi covid 19,kita maih tetap belajar PJJ,sebelum belajar
Akuntansi semoga kalian semua sudah melaksanakan solat duha ya,Aamiin
1.
Perhatikan usaha-usaha pemenuhan kebutuhan berikut:
1)
Bu Nunik berbelanja beras
untuk keperluan keluarganya selama sebulan.
2)
Bapak Solihin pergi ke Mall
membeli handphone baru untuk mengganti handphone yang lama.
3)
Bapak dan Ibu Sunarto membeli
satu set meja kursi tamu model yang terbaru.
4)
Keluarga bapak Edi hampir
setiap hari membeli santap makan siang.
5) Bapak Bambang membelikan seragam sekolah untuk anaknya.
Jika ditinjau dari intensitasnya, maka yang
tergolong kebutuhan Primer adalah …
A. (1), (2) dan (3)
B. (1), (3) dan (5)
C. (2), (3) dan (5)
D. (2), (4) dan (5)
E. (3), (4) dan (5)
1.
Topik : Kebutuhan Manusia berdasarkan tingkatannya atau intensitas
Indikator
: peserta didik mampu membedakan kebutuhan manusia berdasarkan kebutuhan
Jawaban B.
Pembahasan soal No.1
kebutuhan berdasarkan intensitas dibagi menjadi 3 yaitu kebutuhan
primer,kebutuhan
sekunder dan tersier maka yang paling tepat dari soal diatas berdasarkan kebutuhan primer adalah 1,3, dan 5
2.
Topik : Masalah Pokok Ekonomi
Indikator : Peserta didik
mampu menunjukkan masalah kelangkaan dan cara mengatasi
Kelangkaan
2. Beberapa daerah di Propinsi Lampung
terjadi kelangkaan BBM jenis solar karena terlambat pasokannya,sehingga di
beberapa SPBU terlihat antrian panjang kendaraan truk,
bus dan kendaraan berbahan bakar solar lainnya yang ingin mengisi bahan
bakar.
Cara yang paling tepat untuk mengatasi kelangkaan tersebut dalam jangka pendek adalah …
A. Mengurangi pasokan BBM
jenis solar agar masyarakat tidak bergantung dengan BBM jenis ini
B. Memperbanyak BBM jenis
lainnya agar masyarakat berpindah ke jenis BBM selain solar
C. Membatasi pembelian BBM
jenis solar agar tidak terjadi lagi kelangkaan
D. Memperbaiki saluran
distribusi sehingga tidak terjadi keterlambatan pasokan
E. Mendatangkan pasokan
BBM jenis solar dari daerah lain yang berlebih
Jawaban : E
Pembahasan
Kelangkaan BBM menyebabkan beberapa daerah kekurangan pasokan sehingga
menyebabkan kelangkaan dari soal diatas untuk mengatasi kelangkaan adalah
mendatangkan pasokan BBM dari daerah lain untuk mengatasi kelangkaan
3.Topik :
Masalah pokok ekonomi
Indikator : peserta didik mampu menentukan
masalah ekonomi modern
. Kebutuhan masyarakat umum terhadap kendaraan bermotor
automatik memberikan peluang kepada
produsen otomotif untuk meningkatkan
penjualan. Masalah ekonomi modern yang berkaitan dengan hal tersebut adalah...
A. Barang apa yang akan
diproduksi
B. Kapan barang akan
diproduksi
C. Dimana distribusi akan
dilakukan
D. Bagaimana cara
memproduksi
E. Untuk siapa barang
diproduksi
Jawaban D
Pembahasan : Biaya peluang berkaitan dengan masalah ekonomi moderen yang berkaitan dengan soal diatas untuk jawaban yang tepat adalah bagaimana cara memproduksi
Topik : Biaya Peluang
Indikator : peserta didik mampu menghitung biaya peluang
4 .Setelah lulus SMA, Meida mendapat tawaran
pekerjaan di sebuah perusahaan dengan gaji Rp 2.000.000,00 melanjutkan sekolah
dengan biaya Rp 1.500.000,00. Tetapi Meida juga dapat membuka usaha sendiri
dengan taksiran laba Rp 1.750.000,00.
Meida memutuskan bekerja di
perusahaan maka biaya peluang yang timbul...
A. Rp 3.750.000,00
B. Rp 3.500.000,00
C. Rp 2.000.000,00
D. Rp 1.750.000,00
E. Rp 1.500.000,00
Jawaban D
Pembahasan soal No.4
Pembahasan Biaya peluang adalah kesempatan terbaikyang hilang
karena kita telah memilih
Alternatif lain,karena
Meida memilih membuka usaha sendiri,maka ia melewatkan kesempatan
Sekolah dan
membuka usaha sendiri maka biaya peluang RP.1.750.000,-
( Peluang terbaik yang tidak diambil)
Topik : Sistem ekonomi
Indikator: Peserta didik mampu menentukan sistem ekonomi Negara
5. Sistem ekonomi ini digunakan oleh
negara-negara yang menganut paham sosialis. Proses produksi distribusi dan
konsumsi dikendalikan oleh pemerintah sehingga aspek pemerataan pendapatan
dapat dilakukan dengan efektif. Sistem ekonomi yang dimaksud adalah sistem
ekonomi...
A. Tradisional
B. Komando
C. Kapitalis
D. Pasar
E. Campuran
Jawaban B
Pembahasan : Sistem ekonomi adalah
sekumpulan komponen atau unsur yang terdiri
Dari unit unit dan agen agen ekonomiyang
saling terkait,berinteraksi,saling menopang
Dan saling mempengaruhi,karena sistem
diatas dikendalikan pemerintah maka sistem yang tepat adalah sistem ekonomi
komando
Komentar
Posting Komentar