PEMBAHASAN SOAL LUS KLS XII IPS 1
Nama Guru : Zuraida,S.Pd
Mata pelajaran : Ekonomi
Kelas : XII IPS 1
Jam ke : 7,8
Kd.3.1,3.2,3.3,3.4,3.5,3.6 : Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang
Materi : Tahap pencatatan perusahaan dagang
Tujuan : Siswa dapat memahami buku besar pembantu
Kegiatan Siwa : Mengerjakan latihan Buku pembantu utang dan piutang
Appersepsi : Assalamualaikum anak anak ibu semoga kalian sehat selalu dan tetap semangat
belajar walau dalam kondisi covid 19,kita maih tetap belajar PJJ,sebelum belajar
Akuntansi semoga kalian semua sudah melaksanakan solat duha ya,Aamiin
1. Perhatikan usaha-usaha pemenuhan kebutuhan berikut:
1) Bu Nunik berbelanja beras untuk keperluan keluarganya selama sebulan.
2) Bapak Solihin pergi ke Mall membeli handphone baru untuk mengganti handphone yang lama.
3) Bapak dan Ibu Sunarto membeli satu set meja kursi tamu model yang terbaru.
4) Keluarga bapak Edi hampir setiap hari membeli santap makan siang.
5) Bapak Bambang membelikan seragam sekolah untuk anaknya.
Jika ditinjau dari intensitasnya, maka yang tergolong kebutuhan Primer adalah …
A. (1), (2) dan (3)
B. (1), (3) dan (5)
C. (2), (3) dan (5)
D. (2), (4) dan (5)
E. (3), (4) dan (5)
1. Topik : Kebutuhan Manusia berdasarkan tingkatannya atau intensitas
Indikator : peserta didik mampu membedakan kebutuhan manusia berdasarkan kebutuhan
Jawaban B.
Pembahasan soal No.1
kebutuhan berdasarkan intensitas dibagi menjadi 3 yaitu kebutuhan primer,kebutuhan
sekunder dan tersier maka yang paling tepat dari soal diatas berdasarkan kebutuhan primer adalah 1,3, dan 5
2. Topik : Masalah Pokok Ekonomi
Indikator : Peserta didik mampu menunjukkan masalah kelangkaan dan cara mengatasi
Kelangkaan
2. Beberapa daerah di Propinsi Lampung terjadi kelangkaan BBM jenis solar karena terlambat pasokannya,sehingga di beberapa SPBU terlihat antrian panjang kendaraan truk, bus dan kendaraan berbahan bakar solar lainnya yang ingin mengisi bahan bakar.
Cara yang paling tepat untuk mengatasi kelangkaan tersebut dalam jangka pendek adalah …
A. Mengurangi pasokan BBM jenis solar agar masyarakat tidak bergantung dengan BBM jenis ini
B. Memperbanyak BBM jenis lainnya agar masyarakat berpindah ke jenis BBM selain solar
C. Membatasi pembelian BBM jenis solar agar tidak terjadi lagi kelangkaan
D. Memperbaiki saluran distribusi sehingga tidak terjadi keterlambatan pasokan
E. Mendatangkan pasokan BBM jenis solar dari daerah lain yang berlebih
Jawaban : E
Pembahasan
Kelangkaan BBM menyebabkan beberapa daerah kekurangan pasokan sehingga menyebabkan kelangkaan dari soal diatas untuk mengatasi kelangkaan adalah mendatangkan pasokan BBM dari daerah lain untuk mengatasi kelangkaan
3.Topik : Masalah pokok ekonomi
Indikator : peserta didik mampu menentukan masalah ekonomi modern
. Kebutuhan masyarakat umum terhadap kendaraan bermotor automatik memberikan peluang kepada produsen otomotif untuk meningkatkan penjualan. Masalah ekonomi modern yang berkaitan dengan hal tersebut adalah...
A. Barang apa yang akan diproduksi
B. Kapan barang akan diproduksi
C. Dimana distribusi akan dilakukan
D. Bagaimana cara memproduksi
E. Untuk siapa barang diproduksi
Jawaban D
Pembahasan : Biaya peluang berkaitan dengan masalah ekonomi moderen yang berkaitan dengan soal diatas untuk jawaban yang tepat adalah bagaimana cara memproduksi
Topik : Biaya Peluang
Indikator : peserta didik mampu menghitung biaya peluang
4 .Setelah lulus SMA, Meida mendapat tawaran pekerjaan di sebuah perusahaan dengan gaji Rp 2.000.000,00 melanjutkan sekolah dengan biaya Rp 1.500.000,00. Tetapi Meida juga dapat membuka usaha sendiri dengan taksiran laba Rp 1.750.000,00. Meida memutuskan bekerja di perusahaan maka biaya peluang yang timbul...
A. Rp 3.750.000,00
B. Rp 3.500.000,00
C. Rp 2.000.000,00
D. Rp 1.750.000,00
E. Rp 1.500.000,00
Jawaban D
Pembahasan soal No.4
Pembahasan Biaya peluang adalah kesempatan terbaikyang hilang karena kita telah memilih
Alternatif lain,karena Meida memilih membuka usaha sendiri,maka ia melewatkan kesempatan
Sekolah dan membuka usaha sendiri maka biaya peluang RP.1.750.000,-
( Peluang terbaik yang tidak diambil)
Topik : Sistem ekonomi
Indikator: Peserta didik mampu menentukan sistem ekonomi Negara
5. Sistem ekonomi ini digunakan oleh negara-negara yang menganut paham sosialis. Proses produksi distribusi dan konsumsi dikendalikan oleh pemerintah sehingga aspek pemerataan pendapatan dapat dilakukan dengan efektif. Sistem ekonomi yang dimaksud adalah sistem ekonomi...
A. Tradisional
B. Komando
C. Kapitalis
D. Pasar
E. Campuran
Jawaban B
Pembahasan : Sistem ekonomi adalah sekumpulan komponen atau unsur yang terdiri
Dari unit unit dan agen agen ekonomiyang saling terkait,berinteraksi,saling menopang
Dan saling mempengaruhi,karena sistem diatas dikendalikan pemerintah maka sistem yang tepat adalah sistem ekonomi komando
Diana sagita
BalasHapus12 ips1
Devia sonia anisya
BalasHapus12 ips 1
Mutiara zhafarina utami
BalasHapus12 IPS 1
Silva ayu ningsih
BalasHapus12 ips 1
Sofia Ananta
BalasHapus12 IPS 1
Dewi mutiara putri
BalasHapus12 IPS 1
Muhammad Jofandio akbar
BalasHapusXII IPS 1
Muafii aisy ikhsan
BalasHapus12 ips 1
Crieo rachmandhani kurniawan
BalasHapus12 ips 1
Ibnu Hisyam
BalasHapus12 IPS 1
Meisya Rahma Syifa
BalasHapus12 IPS 1
Almira Apriani
BalasHapus12 IPS 1
Sulthan Zacky Ramadhan putra
BalasHapus12 IPS 1
Friska prisilia
BalasHapus12 IPS 1
Chika Utami azzahra
BalasHapus12 IPS 1
Gustaf tri rhandika
BalasHapus12 ips 1
Anisya Nurholiza
BalasHapus12 IPS 1
Sabrina salwa
BalasHapus12 ips 1
tegar saputra
BalasHapus12 ips 1
kevin pillips
BalasHapus12 ips 1
Novi nur fatmawati
BalasHapus12 IPS 1
A. Kevin helvaen
BalasHapus12 ips 1
M. Chaikal
BalasHapus