Kisi - Kisi Lus Kelas XII IPS 2

  Nama Guru         : Zuraida,S.Pd

Mata pelajaran    :  Ekonomi

Kelas                   : XII IPS 2

Jam ke                : 3,4

Kd.                    : Semua Kd 

                          : LUS (Kisi - Kisi LUS)

Materi                : Tahap pengikhtisaran  Akuntansi perusahaan dagang 

Tujuan               : Siswa dapat memahami   Kisi - Kisi LUS

Kegiatan Siwa   : Mempelajari Kisi - Kisi Lus

Appersepsi         : Assalamualaikum anak anak ibu semoga kalian sehat selalu dan tetap semangat 

                             belajar walau dalam kondisi covid 19,kita masih tetap belajar PJJ,sebelum belajar

                              Akuntansi semoga kalian semua sudah melaksanakan solat duha ya,Aamiin

                            Hari ini silahkan kalian pelajari kisi - kisi LUS berikut ini,semoga kalian sukses

                            semua Aamiin Yra

KISI-KISI SOAL

Mata Pelajaran          :..LUS .EKONOMI KURIKULUM 2013

No.

Kompetensi Dasar

Materi

Kelas/ Semester

Indikator Soal

Level Kognitif

Bentuk Soal

No. Soal

3.1.

Mendeskripsikan konsep ilmu ekonomi

Masalah ekonomi (Kelangkaan/scarcitydan kebutuhan yang relatif tidak terbatas)

 

Kebutuhan

 

 

 

 

Biaya Peluang

 

 

 

X/I

Disajikan  pernyataan mengenai masalah  kelangkaan  ,peserta didik dapat menentukan  cara mengatasi kelangkaan yang tepat

 

 

Disajikan 5 macam contoh kebutuhan manusia, peserta didik diminta menentukan kebutuhan menurut sifat

 

Disajikan suatu data 3 pilihan pekerjaan yang dihadapi seseorang, dan satu pekerjaan yang dipili, peserta didik diminta menetukan biaya peluang dari data yang disajikan

 

 

C1

 

 

 

 

C1

 

 

 

C2

 

PG

1

 

 

 

2

 

 

 

 

3

3.2.

Menganalisis masalah ekonomi dalam sistem ekonomi.

Masalah Pokok Ekonomi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sistem Ekonomi

·      Pengertian sistem ekonomi

·      Macam-macam sistem ekonomi

Kekuatan dan kelemahan masing-masing sistem ekonomi

X/I

Peserta didik  dapat menentukan masalah ekonomi klasik dari 6  pernyataan mengenai masalah ekonomi klasik yang disajikan.

 

Disajikan suatu pernyataan mengenai salah satu masalah ekonomi modern, peserya didik diminta menyimpulkan masalah ekonomi yang tepat dari pernyataan yang disajikan

 

Disajikan 5 ciri ciri sistem ekonomi, peserta didik diminta  menetukan ciri cirri system ekonomi pasar dengan benar

Disajikan 3 pernyataan mengenai kelebihan suatu sistem ekonomi, peserta didik diminta menentukan system ekonomi yang tepat dari pernyataan tersebut

C1

 

 

C1

 

 

 

 

C1

 

 

C1

 

 

 

 

 

 

PG

4

 

 

5

 

 

 

 

6

 

 

7

 

 

 

3.3.

Menganalisis peran pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi

Pelaku Ekonomi

 

 

 

 

 

Biaya Produksi

 

X/I

Disajikan 3 peran konsumen dan 3 peran produsen secara acak, peserta didik  dapat menyebutkan 3 peran konsumen dengan benar

 

Disajikan fungsi TR dan fungsi TC, peserta didik diminta menghitung jumlah barang yang harus dijual dalam keadaan BEP

C1

 

 

 

 

C3

PG

8

 

 

 

 

9

 

 

 

 

3.3

Menganalisis peran pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi

Circular Flow diagram

X/I

Disajikan gambar circular flow diagram perekonomian 2  sektor

peserta didik dapat menjelaskan hubungan peran antara produsen dan konsumen pada pasar ioutput

 

C3

 

PG

10

 

 

3.4

Mendeskripsikan terbentuknya keseimbangan pasar dan struktur pasar

Pengertian permintaan dan penawaran

 

Faktor faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran

 

 

Fungsi permintaan

 

 

 

 

 

 

Proses terbentuknya keseimbangan pasar

 

 

 

 

 

 

Elastisitas permintaan dan penawaran

X/I

Peserta didik dapat menyimpulkan pernyataan yang berkaitan  dengan penawaran ( Supply)

 

Disajikan  5 faktor – faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran , peserta didik diminta menentukan faktor yang mempengaruhi penawran

 

Disajikan data mengenai harga dan jumlah barang yang diminta, peserta didik diminta menentukan fungsi permintaan dari data yang disajikan

 

Disajikan data harga , jumlah permintaan dan jumlah penawaran minyak goreng di suatu pasar sebelum harga naik dan sesudah harga naik, siswa menghitung titik keseimbangan pasar setelah pajak  berdasar data yag disajikan.

 

Disajikan data harga barang dan jumlah barang yang ditawarkan sebelum harga naik dan setelah harga niak, sisw menghitung elastisitas penawaran dari data yang disajikan

C1

 

 

C1

 

 

 

 

C2

 

 

 

 

C3

 

 

 

 

 

 

C2

 

 

PG

11

 

 

12

 

 

 

 

13

 

 

 

 

14

 

 

 

 

 

 

15

 

 

 

 

Struktur pasar /bentuk pasar

 

 

 

X/I

Disajikan 5 ciri dari pasar output, peserta didik dapat menentukan 3 ciri-ciri dari pasar persaingan sempurna yang benar.

C1

 

16

3.5.

Mendeskripsikan  lembaga jasa keuangan dalam perekonomian Indonesia

OJK

 

 

 

 

 

 

 

Jenis-jenis Bank berdasarkan fungsinya

X/II

Disajikan ilustrasi mengenai  wewenang OJK berdasar UU Nomor 21 tahun 2011, peserta didik menentukan wewenang OJK dalam melindungi konsumen berdasar ilustrasi tersebut

 

 

Disajikan 5 pernyataan mengenai tugas Bank sentral dan Bank umum, peserta didik menentukan tugas dari Bank sentral

 

Disajikan ilustrasi mengenai salah satu prinsip bank syariah, peserta didik diminta menentukan prinsip syariah dengan tepat

 

Disajikan ilustrasi mengenai tugas dari lembaga penunjang pasar modal , peserta didik diminta menentukan lembaga penunjang pasar modal dengan tepat.

C2

 

 

 

 

 

 

 

C1

 

 

 

C1

 

 

 

C1

 

17

 

 

 

 

 

 

 

18

 

 

 

19

 

 

 

20

3.6

Mendeskripsikan bank sentral, sistem pembayaran dan alat pembayaran dalam perekonomian Indonesia

Wewenang bank sentral

 

 

X/II

Disajikan ilustrasi mengenai penggunaan e money dan e toll, peserta didik diminta menyimpulkan wewenang Bank Sentral dengan benar dari ilustrasi yang disajikan

 

Peserta didik diminta menentukan pengertian system pembayaran yang benar

 

Disajikan 5 fungsi uang , peserta didik

diminta menentukan fungsi asli uang

 

Disajikan 5 alat pembayaran tunai dan non tunai, peserta didik diminta menentukan alat pembayaran non tunai

 

C2

 

 

 

 

C1

 

 

C1

 

 

 

 

C1

 

 

 

 

21

 

 

 

 

22

 

 

23

 

 

 

 

24

3.7

Mendeskripsikan konsep manajemen

Fungsi  Manajemen

X/II

Disajikan ilustrasi yang berkaitan dengan kegiatan fungsi manajemen, peserta didki menetukan fungsi majaemen yang tepat dari ilustrasi tersebut

 

Disajikan 5 pernyataan mengenai bidang- bidang manajemen, peserta didik diminta menentukan bidang manajemen keuangan

 

 

C2

 

 

 

 

C1

PG

25

 

 

 

 

26

3.8

Mendeskripsikan konsep badan usaha dalam perekonomian Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

BUMN

 

 

 

 

Bentuk BUMS

 

 

 

 

 

 

X/II

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Disajikan 5 ciri cirri BUMN dan BUMS, peserta didik diminta menentukan cirri BUMS

 

 

Disajikan suatu pernyataan mengenai salah satu bentuk BUMS di Indonesia, peserta didik diminta menentukan bentuk BUMS yang tepat

 

Disajikan ilustrasi mengenai salah satu peran dari BUMN , peserta didik diminta menyimpulkan peran BUMN dengan tepat

C1

 

 

 

C1

 

 

 

C2

PG

27

 

 

 

28

 

 

 

29

 

3.9.

Mendeskripsikan perkoperasian dalam perekonomian Indonesia

SHU

 

 

 

X/II

 

 

 

Disajikan data keuangan koperasi simpan pinjam, peserta didik menghitung SHU dari data keuangan tersebut

 

C3

 

 

 

PG

30

 

 

 

3.1

Menganalisis konsep dan metode penghitungan pendapatan nasional.

 

 

Menyajikan hasil analisis masalah ketenagakerjaan dalam pembangunan ekonomi dan cara mengatasinya

Pendapatan Nasional

·      Pengertian pendapatan nasional

·      Manfaat pendapatan nasional

·      Komponen-komponen/konsep pendapatan nasional

·      Metode penghitungan pendapatan nasional

·      Pendapatan per kapita

     Distribusi pendapatan

 

 

 

XI/I

Peserta didik diminta menentukan  konsep GDP dengan benar

 

Peserta didik diminta menentukan konsep pendekatan produksi dengan benar

 

Disajikan  data angka  mengenai konsumsi, tabungan, investasi serta ekspor dan impor , peserta didik dapat menghitung pendapatan nasional dengan pendekatan pengeluaran

 

Disajikan data GNP dan jumlah pendduduk Negara A samapai Negara E, peserta didik menghitung besarnya pendapatan perkapita salah satu Negara.

 

Disajikan angka mengenai nilai kosefisien gini, peserta didik diminta menyimpulkan kategori ketimpangan yang tepat.

C1

 

 

C1

 

 

C2

 

 

 

 

C2

 

 

 

 

C1

 

PG

31

 

 

32

 

 

33

 

 

 

 

34

 

 

 

 

35

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Persamaan Akuntansi Kelas XII IPA 2

Uji Blok Persamaan Akuntansi Kelas XII IPS 2

Perencanaan Produk Aksesoris Rumah Tangga Kelas X. 1