Persamaan Akuntansi Kelas XII IPA 1

  Nama Guru                : Zuraida,S.Pd

Mata pelajaran            : Ekonomi 

Kelas                             :   XII IPA 1

Jam ke                           : 1,2

Kode Kd                        : 3.2  Mendeskripsikan KonsepPersamaan Akuntansi

Materi                            :       Pengertian Persamaan Akuntansi

                                             Penganalisaan Akuntansi

Tujuan Pembelajaran  : Melalui Pembelajaran dengan menggunakan Metode Problem Based Learning peserta didik diharapkan siswa mampu:

1. Menjelaskan pengertian Akuntansi

2. Menganalisis  Persamaan Akuntansi      

  Nama Guru                : Zuraida,S.Pd

Mata pelajaran            : Ekonomi 

Kelas                             :   XII IPA 3

Jam ke                           : 3.4

Kode Kd                        : 3.2  Mendeskripsikan KonsepPersamaan Akuntansi

Materi                            :       Pengertian Persamaan Akuntansi

                                             Penganalisaan Akuntansi

Tujuan Pembelajaran  : Melalui Pembelajaran dengan menggunakan Metode Problem Based Learning peserta didik diharapkan siswa mampu:

1. Menjelaskan pengertian Akuntansi

2. Menganalisis  Persamaan Akuntansi      

Pengertian Akuntansi – Akuntansi secara luas dikenal sebagai “bahasa bisnis”. Ada banyak kutipan tentang kekuatan dan pentingnya akuntansi dalam kehidupan sehari-hari, seperti “Pena lebih kuat dari pedang, tetapi bukan pemegang buku” oleh Jonathan Grancy.

Akuntansi adalah seni untuk mencatat, meringkas, menganalisis, dan melaporkan data yang berkaitan dengan transaksi keuangan dalam bisnis atau perusahaan.

Analisis akuntansi (accounting analysis) merupakan proses evaluasi sejauh mana akuntansi perusahaan mencerminkan realitas ekonomi.

A. Konsep Persamaan Dasar Akuntansi

    1. Konsep mendasar dari persamaan Akuntansi adalah hak ( kepemilikikan) namun disertai

        kewajiban dari pihak lain

   2. Aset usaha yang dimiliki oleh badan usaha dapat berasal dari pemilik yang dititipkan untk

      dikelola badan usaha dalam rangka mendapatkan laba.

B.Analisis Transaksi dan pencatatan dalam Persamaan Akuntansi

  1. Konsep mendasar dari persamaan akuntansi adalah terjadinya hak( kepemilikkan) 

    disatu pihak akan selalu disertai dengan kewajiban dipihak lain

   contoh : Harta = utang + Modal

   Tanggal 2 januari dibeli peralatan seharga RP.2.000.000,- secara kredit

Latihan  Kerjakan soal dibawah ini kedalam persamaan Akuntansi



   Kunci Jawaban









Komentar

  1. Chalista Marta Ardian
    XII IPA 1
    materi nya sangat membantu saya bu, saya jadi sangat mengerti

    BalasHapus
  2. Ahmad zaki
    XII IPA 1
    Saya sudah mengerti tetapi msh sedikit sulit untuk mengerjakan tugas

    BalasHapus
  3. Rif'at Athaillah Mukhlisin
    12 ipa 1
    saya sudah mengerti untuk kegiatan 3.2 tapi masih bingung dalam penempatan dalam kolom nya

    BalasHapus
  4. Muhammad Arif Ali Ramadhan
    XII IPA 1
    Saya sudah mengerti pelajaran ibu zuraidah

    BalasHapus
  5. diah ayu Aprilia
    Xll IPA 1
    saya suda mengerti, tetapi saya masi belum terlalu menguasai di beberapa bagian.

    BalasHapus
  6. Sabrina Dwi Andini
    XII IPA 1
    saya telah mengerti dari pembelajaran tersebut

    BalasHapus
  7. Dinari Tahta Arifin
    XII IPA 1
    Materi nya sangat membatu,dan membuat saya mengerti

    BalasHapus
  8. M. FURQON BERLIAN XII IPA 1
    saya sudah mengerti semua materi yang ada sudah di jelaskan oleh BU ZURAIDAH

    BalasHapus
  9. Farhan malik albawazir XII IPA 1

    SAYA SUDAH MENGERTI APA YANG TELAH DI JELASKAN

    BalasHapus
  10. BIMA EKAYASA XII IPA 1
    alhamdulilah Masya Allah insyaallah saya mengerti

    BalasHapus
  11. Ilham Augustav XII IPA 1
    saya sudah cukup mengerti materi yang telah di sampaikan oleh ibu ZURAIDA

    BalasHapus
  12. Siti ubaydiah XII IPA 1
    Saya sudah lumayan memahami pelajaran ini tetapi masih kurang paham untuk memasukkan pertambahan dan pengurangan bagian aset

    BalasHapus
  13. Zachra Andina XII IPA 1
    Saya sudah mengerti materi untuk kegiatan 3.2 tetapi masih sedikit bingung untuk penempatan kolomnya, materinya sangat membantu sekali bu

    BalasHapus
  14. Mutia budi aziza
    XII Ipa 1
    Saya lumayan mengerti dan memahami materi yang ibu berikan,tetapi saya belum bisa memasukkan data ke tabelnya dan terkadang sering keliru,selebihnya saya paham

    BalasHapus
  15. Dista yulistam Lisa XII IPA 1
    Saya sudah memahami pelajaran ini

    BalasHapus
  16. Ariel Raditya XII IPA 1
    Alhamdulilah saya sudah mengerti materi kegiatan 3.2

    BalasHapus
  17. Zalva Nadira S XII IPA 1
    Saya sudah mengerti materi kegiatan 3.2

    BalasHapus
  18. Risda Zahira XII IPA 1
    Saya sudang mengerti materi kegiatan 3.2

    BalasHapus
  19. Fadila cahya Juwita XII IPA 1
    Saya sudah lumayan memahami pelajaran ini. Tetapi, saya tetap perlu mengevaluasi kembali, supaya saya mengerti dalam menahami pelajaran hari ini.

    BalasHapus
  20. Zalfa Najwa G XII IPA 1
    Saya sudah mengerti materi kegiatan 3.2

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Nahzira Shaina XII IPA 1
    Saya sudah mengerti materi kegiatan 3.2

    BalasHapus
  23. Naila Nayyara XII IPA 1
    alhamdulilah saya sudah mengerti materi yg sudah di jelaskan

    BalasHapus
  24. Chynta Elvina XII IPA 1
    saya sudah mengerti materi yg telah di jelaskan

    BalasHapus
  25. Nazwa Kadita Azzahra
    XII IPA 1
    •sy sudah mengerti materi yg disampaikan tp untuk memasukkan data ke tabel sy masih bingung dan keliru

    BalasHapus
  26. Farhanah Hadayah F XII IPA 1
    Alhamdulilah saya sudah mengerti pelajaran hari ini

    BalasHapus
  27. Muhammad Rafly Rasya
    XII IPA 1
    Pada pembelajaran hari ini, saya bisa memahami dan membuat tabel dasar akuntansi dengan menggunakan persamaan akuntansi.

    BalasHapus
  28. Akmal Kafli Anan
    XII IPA 1
    saya sudah mengerti materi yg telah di jelaskan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Persamaan Akuntansi Kelas XII IPA 2

Uji Blok Persamaan Akuntansi Kelas XII IPS 2

Perencanaan Produk Aksesoris Rumah Tangga Kelas X. 1