Kerjasama internasional Kelas XI IPS 1

    Materi                  : Ekonomi

Hari/Tanggal       :  Jum,at 05 Mei  2023 

Kelas                   : XI IPS 1

Jam ke                 : 5,6

Kd.3.8                 :   Mendeskripsikan Kerjasama Internasional

Materi.        :  · Bentuk - bentuk Kerjasama Internasional
               ·   Lembaga - lembaga kerjasama Internasioanl
                   Part 3
 Assalamualaikum Anak anak yang soleh dan soleha silahkan baca materi ini dengan baik ya jika ada materi yg belum dipahami silahkan kita diskusikan bersama,semoga materi hari ini bisa dipahami walaupun kalian dalam keadaan berpuasa

Bentuk-bentuk Kerjasama Ekonomi Internasional

  Apa saja bentuk kerjasama ekonomi internasional? Berdasarkan bentuknya, kerja sama ekonomi internasional terdiri dari kerja sama ekonomi bilateral, regional, multilateral, dan antar regional. 

1.    Kerja Sama Ekonomi Bilateral

 Kerja sama ekonomi bilateral adalah kerjasama ekonomi yang mengikat dan melibatkan dua negara di bidang ekonomi. Kerjasama ini bersifat saling membnatu, menguntungkan, dan timbal balik. Contohnya seperti Indonesia dengan Korea Selatan atau kerjasama Indonesia dengan Tiongkok.

2.            Kerja Sama Ekonomi Regional 

Kerja sama ekonomi regional adalah kerja sama ekonomi di antara beberapa negara yang berada di kawasan tertentu. Contoh kerjasamanya seperti ASEAN, APEC, AFTA, dan masih banyak lagi.

3.            Kerjasama Ekonomi Multilateral/internasional 

 

 Kerja sama ekonomi multilateral adalah kerja sama yang mengikat banyak negara tanpa mengenal batas wilayah tertentu.dengan suatu politik atau kebijaksanaan yang bersifat internasional. 

4.            Kerjasama Ekonomi Antar Regional

Kerja sama ekonomi antar regional yaitu kerja sama ekonomi di antara dua kelompok kerja sama ekonomi regional. Contoh: kerja sama antara Eropa dan ASEAN.

  Lembaga Internasional adalah organisasi yang berada dalam lingkup struktur organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa atau yang menjalankan tugas mewakili Perserikatan Bangsa-Bangsa atau organisasi internasional lainnya dan lembaga asing nonpemerintah dari negara lain di luar Perserikatan Bangsa-Bangsa Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations Organization)

  



 


      \

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Persamaan Akuntansi Kelas XII IPA 2

Uji Blok Persamaan Akuntansi Kelas XII IPS 2

Perencanaan Produk Aksesoris Rumah Tangga Kelas X. 1