Perdagangan Internasional KLS XI IPS 1

  Materi                  : Ekonomi

Hari/Tanggal       :  Selasa 09 Mei  2023 

Kelas                   : XI IPS 1

Jam ke                 : 3,4

Kd.3.9                 :  Menganalisis Konsep dan kebijaksanaan Perdagangan Internasional

Materi.        :  PART 1  Pengertian Perdagangan Internasional
                                             Manfaat Perdagangan Internasional
                                             Faktor Pendorong Perdagangan Internasionalna

  
Pengertian Perdagangan Internasional 

perdagangan internasional adalah perpanjangan dari produksi, pertukaran dan konsumsi, yang merupakan elemen dasar kehidupan. Produsen dan konsumen yang termasuk dalam perdagangan internasional berasal dari berbagai negara. Edi Supardi (2021) menjelaskan bahwa perdagangan Internasional  Edi Supardi (2021) menjelaskan bahwa perdagangan Internasional adalah kegiatan perekonomian dan perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas kesepakatan bersama. Menurut Eddie Rinaldy, dkk. (2020), perdagangan internasional adalah hubungan perniagaan antara para pihak yang berada di dua negara yang berbeda.

Manfaat Perdagangan Internasional

Adapun manfaat perdagangan internasional bagi setiap negara yaitu: Mempererat hubungan antar negara, baik bilateral maupun multilateral. Peluang beberapa negara saling membantu dapat mempercepat proses pembangunan di negara masing-masing. Mendapatkan devisa dari para investor asing yang berinvestasi ke beberapa proyek yang memiliki potensi tinggi dari milik pemerintah dan swasta di negara lain. Meningkatkan kesejahteraan suatu negara melalui pendapatan nasional. Mempermudah dalam memperoleh barang/produk yang tidak bisa atau sulit diproduksi oleh negara sendiri. Memperluas peluang dan kesempatan kerja karena terbukanya lapangan kerja. Mendapatkan keuntungan internal dan eksternal negara.

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

faktor pendorong perdagangan internasional, yaitu: Adanya kebutuhan barang dan/atau jasa yang belum dapat diproduksi di dalam negeri. Adanya perbedaan kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) dalam mengolah sumber daya ekonomi. Adanya kelebihan produksi sehingga perlu perluasan usaha. Adanya perbedaan sumber daya iklim dan kualitas sumber daya manusia yang menyebabkan perbedaan kuantitas hasil produksi. Adanya kesamaan selera masyarakat dunia terhadap suatu produk tertentu. Keinginan menjalin kerja sama ekonomi, hubungan politik, dan dukungan negara lain. Berkembangnua globalisasi ekonomi dalam kehidupan masyarakat dunia. Kemajuan telekomunikasi, informasi, dan transportasi yang memudahkan pelaksanaan perdagangan internasional. 

Hambatan Perdagangan Internasional ;

Pembatasan jumlah impor.
Pemungutan biaya ekspor dan impor yang tinggi.
Perizinan yang berbelit-belit. 
Keamanan negara
.
Sedangkan dalam buku Hukum Dagang Internasional, faktor penghambat perdagangan internasional yaitu:

 1. Nilai tukar yang berbeda
    Setiap negara memiliki mata uang tersendiri yang digunakan dalam pasar valuta asing, yaitu tempat             bertemunya permintaan dan penawaran terhadap mata uang yang digunakan dalam perdagangan               internasional.
 2. Konflik di suatu negara Konflik dapat berupa perang, kekacauan politik, atau kerusuhan. Contohnya,          konflik Rusia dan Ukraina mengakibatkan dampak besar terhadap perekonomian dunia. Konflik tersebut      mempengaruhi perdagangan internasional sehingga menyebabkan terhambatnya proses impor dan            ekspor

 3. Kegiatan ekspor dan impor perlu waktu lama Ekspor dan impor merupakan kegiatan utama dalam               perdagangan internasional. Arus masuk keluar barang membutuhkan waktu yang lama karena                    membutuhkan perizinan yang cukup rumit serta melewati berbagai wilayah pabean suatu negara.

.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Persamaan Akuntansi Kelas XII IPA 2

Uji Blok Persamaan Akuntansi Kelas XII IPS 2

Perencanaan Produk Aksesoris Rumah Tangga Kelas X. 1