Perdagangan Internasional Kls XI IPS 1

   Materi                  : Ekonomi

Hari/Tanggal       : Selasa/  23 Mei  2023 

Kelas                   : XI IPS 1

Jam ke                 : 3,4

Kd.3.9                 :  Menganalisis Konsep dan kebijaksanaan Perdagangan Internasional

    Materi.        :  PART 5 Alat Pembayaran Internasional
                                                           Neraca Pembayaran Internasional
                                                           Devisa

Alat Pembayaran Internasional

A     Apa saja alat alat pembayaran internasional?

1.    Uang Tunai Pembayaran tunai perlu dilakukan jika eksportir dan importir belum saling kenal secara baik karena bisa membangun kepercayaan antara eksportir dan importir. Pembayaran tunai yang dilakukan importir bisa menggunakan mata uang dari eksportir.

2.    Pembayaran Kemudian Pembayaran kemudian bisa dilakukan atau diterapkan ketika eksportir dan importir susah saling kenal satu sama lain Pembayaran kemudian sangat disenangi oleh importir karena yang menanggung risiko pengiriman ialah eksportir

3.    Kompensasi Pribadi Kompensasi pribadi adalah pembayaran internasional yang dilakukan oleh warga negara pada suatu negara dengan warga negara lainnya.

4.    Letter of Credit (L/C) Di dalam perdagangan internasional importir dapat mengajukan peminjaman pada bank dan jika bank setuju dengan permohonan yang dilakukan importir maka akan dikeluarkan Letter of Credit (L/C).

Adapun proses yang terjadi ketika melakukan pembayaran internasional menggunakan L/C, yaitu: Importir mengajukan permohonan L/C (opener/applicant); L/C dikeluarkan oleh pihak bank (issuer); Eksportir menerima L/C (beneficiary/accredited); Bank meneruskan L/C kepada eksportir (advising bank); Bank yang akan menjamin pembayaran L/C atas permintaan issuer (confirming bank).

5.    Konsinyasi Produsen akan menitipkan barang dagangannya dan mendapatkan bayarannya sesuai dengan banyaknya barang yang laku terjual disebut dengan konsinyasi. Namun, dalam perdagangan internasional, konsinyasi juga dipilih menjadi alat pembayaran internasional.

6.    Wesel Sebenarnya melakukan transaksi pembayaran menggunakan wesel sudah lama dilakukan. Kemudahan dari penggunaan wesel adalah bisa melakukan pembayaran di dalam atau luar negeri dengan mudah dan ketika sudah memilih wesel sebagai alat pembayaran maka penerima uang atau pengirim uang tidak perlu menggunakan rekening bank.

7.    Emas Salah satu alat pembayaran internasional yang punya fungsi sama dengan uang tunai adalah emas. Hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan pembayaran internasional adalah berat emas harus sama dengan nilai barang yang dijual.

8.    Cek Cek merupakan alat pembayaran internasional yang bisa digunakan. Adapun cara yang perlu diperhatikan ketika melakukan pembayaran dengan cek, yaitu importir akan memberikan cek kepada eksportir dengan bank yang sudah dipilih di negara eksportir.

 9. Paypal Perkembangan teknologi yang semakin maju khususnya dalam hal “transfer online” memunculkan rekening virtual yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran internasional dan alat pembayaran itu sering disebut dengan “Paypal”. Kemudahan dari penggunaan “Paypal” ini adalah bisa melakukan transaksi beda negara secara online
  
  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Persamaan Akuntansi Kelas XII IPA 2

Uji Blok Persamaan Akuntansi Kelas XII IPS 2

Perencanaan Produk Aksesoris Rumah Tangga Kelas X. 1