Bab 2 pertumbuhan Dan pembangunan Ekonomi XI IPS 3

Materi          :          Pertumbuhan dan pembangunan Ekonomi
kelas             :         XI IPS 3
Jam ke          :         4,5
Hari              :        Jum'at 11 September 2020

A.  Pertumbuhan Ekonomi
1. Pengertian Pertumbuhan Ekonomi

Teori-teori Pertumbuhan Ekonomi

Kenaikan produksi barang dan jasa dari satu periode ke periode lainnya sehingga negara mengalami kenaikan GNP, membuat beberapa teori tentang pertumbuhan ekonomi lahir. Lantas, apa saja teori-teori tentang pertumbuhan ekonomi?

1) Aliran Klasik

  • Adam Smith

Teori Adam Smith menyatakan bahwa suatu negara mengalami pertumbuhan ditandai dengan 2 faktor utama, yakni pertumbuhan jumlah penduduk dan peningkatan output (GNP). Asumsi klasik menyatakan faktor alam (sumber daya alam, tenaga kerja, modal) bersifat konstan, hingga suatu saat nanti tingkat produksi akan mencapai kondisi optimum. 
  • David Ricardo

Teori yang dikemukakan David Ricardo mirip dengan Adam Smith, dengan asumsi faktor alam dianggap tetap, sedangkan jumlah penduduk bertambah pesat hingga suatu saat tingkat perkembangan ekonomi akan jadi rendah dan tidak berkembang.

2) Aliran Neo Klasik

  • Robert Sollow-Trevor Swan

Sollow-Swan menyimpulkan bahwa pertumbuhan ekonomi ditentukan oleh pertumbuhan penduduk, akumulasi modal, dan kemajuan teknologi.
  • Harrod-Domar

Tokoh ini berpendapat bahwa pertumbuhan ekonomi dipengaruhi oleh tingkat investasi karena pengeluaran investasi memengaruhi permintaan dan penawaran barang dan jasa.

3) Teori Historis

  • Friedrich List

Menurut List, teori historis ada beberapa tingkatan yaitu masa berburu dan mengembara, masa beternak dan bertani, masa kerajinan dan industri, serta masa industri dan perniagaan.
  • Karl Bucher

Bucher membagi teori historis dalam 4 tingkatan, yakni rumah tangga tertutup, rumah tangga kota, rumah tangga bangsa, dan rumah tangga dunia.
  • W.W. Rostow

Rostow membagi teori historis dalam 5 tingkatan, yakni masyarakat tradisional yang masih mementingkan diri sendiri, prasyarat lepas landas, lepas landas (take off), tingkat kematangan (maturity), dan masa konsumsi tinggi (high consumption).

4) Teori Schumpeter

Kalau teori yang satu ini mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi dipengaruhi oleh para pengusaha atau enterpreneurship. Peranan pengusaha sangat penting karena pengusaha pasti selalu melakukan inovasi yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi.
Quipperian, itulah tadi penjelasan mengenai pertumbuhan ekonomi, ya. Kalau kamu merasa masih belum puas dengan penjelasan Quipper Blog di atas, langsung saja deh gabung sama Quipper Video. Di sana akan ada pembahasan lengkap berbagai mata pelajaran, yang disertai video dari tutor kece dan latihan soal. Buruan daftar ya dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!


Silahkan tugasnya liat diclassroom kemudian kerjakan latihannya
Dan untuk materinya ibu tunggu komentar dari kalian

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Persamaan Akuntansi Kelas XII IPA 2

Uji Blok Persamaan Akuntansi Kelas XII IPS 2

Perencanaan Produk Aksesoris Rumah Tangga Kelas X. 1