materi keseimbangan pasar dan struktur pasar X IPS

Materi                 : Ekonomi

Hari/Tanggal      : Selasa/20 Oktober 2020

Kelas                 : X IPS 2,X IPS 3

Kd                      : 3.4 Pasar Dalam Perekonomian




 Peran pasar dalam perekonomian

    Keberadaan pasar mempunyai fungsi yang penting. Bagi konsumen, adanya pasar akan mempermudah dalam memperoleh barang dan jasa kebutuhan sehari-hari. Adapun bagi produsen, pasar menjadi tempat untuk mempermudah proses penyaluran barang hasil produksi. Secara umum, pasar mempunyai tiga fungsi utama, yaitu sebagai sarana distribusi, pembentukan harga, dan sebagai tempat promosi.

Pasar sebagai Sarana Distribusi

    Pasar sebagai sarana distribusi, berfungsi memperlancar proses penyaluran barang atau jasa dari produsen kepada konsumen. Dengan adanya pasar, produsen dapat berhubungan dengan konsumen, baik secara langsung maUpun tidak langsung untuk menawarkan hasil produksinya.

Pasar sebagai Pembentuk Harga

    Pasar merupakan tempat pertemuan antara penjual dan pembeli untuk ber-transaksi. Interaksi antam pembeli dan penjual di pasar akan mendorong ter-bentuknya harga. Dengan demikian, pasar berfungsi sebagai pembentuk harga.

Pasar sebagai Sarana Promosi

     Pasar sebagai sarana promosi artinya pasar menjadi tempat untuk memperkenalkan dan menginformasikan suatu barang/jasa tentang manfaat, keunggulan, dan kekhasannya pada konsumen. Promosi dilakukan untuk menarilc minat pembeli terhadap barang atau jasa yang diperkenalkan. Biasanya produsen yang menawarkan barang dengan harga murah dan kualitasnya bagus alcan menjadi pilihan konsumen.

Macam-macam pasar

Pasar menurut Pelayanan dan Kelengkapannya

    Pasar tradisional, dalam pasar tradisional, pembeli dilayani langsung oleh penjual, sehingga dimungkinkan masih terjadi tawar menawar harga. Contoh pasar Beringharjo di Yogyakarta, pasar Johar di Semarang.

Pasar modern, dalam pasar modern, pelayanan dilakukan secara mandiri dan dilayani oleh pramuniaga.

 Pasar menurut Fisik

Pasar kongkret/riil, adalah pasar di mana penjual dan pembeli bertemu langsung dan barang yang diperjualbelikan benar-benar ada. Ciri-cirinya: transaksi tunai, barang dapat  langsung dibawa,barang yang diperjualbelikan benar-benar ada dan penjual pembeli bertemu langsung.

Pasar abstrak, adalah pasar di mana penjual dan pembali tidak bertemu secara langsung dan barang yang diperjualbelikan tidak tersedia secara langsung. Ciri-cirinya: transaksi berlandaskan rasa percaya, penjual pembeli berada di tempat yang berbeda, barang yang diperjualbelikan tidak tersedia (hanya contohnya saja).

Pasar menurut Waktu Terjadinya:

Pasar harian, pasar yang penyelenggaraannya setiap hari.

Pasar mingguan, pasar yang penyelengggaraanya setiap seminggu sekali.

Pasar bulanan, pasar yang penyelenggaraanya sebulan sekali.

Pasar tahunan, pasar penyelenggaraannya setahun

Pasar  menurut Luas Wilayah Kegiatannya

Pasar lokal, pasar yang daerah pemasarannya hanya meliputi daerah tertentu, barang yang diperjualbelikan adalah barang kebutuhan masyarakat di sekitarnya.

Pasar nasional, pasar yang daerah pemasarannya meliputi wilayah satu negara, barang yang diperjualbelikan adalah barang yang dibutuhkan masyarakat negara tersebut.

Pasar regional, adalah pasar yang daerah pemasarannya meliputi beberapa negara di wilayah tertentu dan biasanya didukung dengan perjanjian kerjasama misalnya AFTA di wilayah Asia Tenggara.

Pasar internasional/pasar dunia, adalah pasar yang daerah pemasarannya meliputi seluruh kawasan dunia, barang yang diperjualbelikan adalah barang yang dibutuhkan semua masyarakat dunia

Pasar menurut Barang yang Diperjualbelikan

Pasar barang konsumsi, adalah pasar yang memperjualbelikan barang yang secara langsung dapat dikonsumsi, misalnya pasar sembako, pasar buah.

Pasar barang produksi,  adalah pasar yang memperjualbelikan barang produksi atau faktor-faktor produksi, misalnya pasar bibit ikan, pasar mesin-mesin pabrik, bursa tenaga kerja.

Pasar menurut Bentuk/Organisasi Pasar

Pasar persaingan sempurna (perfect competition market),adalah pasar yang terdapat banyak penjual dan pembeli sehingga harga tidak bisa ditentukan oleh masing-masing penjual/pembeli.

Ciri-cirinya:

- Pengetahuan penjual dan pembeli sempurna

- Penjual dan pembeli bebas keluar masuk pasar

- Penjual dan pembeli banyak

- Barang yang diperjualbelikan bersifat homogen

Pasar persaingan tidak sempurna (imperfect competition market), adalah pasar di mana jumlah pembeli lebih banyak daripada jumlah penjual.

Ciri-ciri:

- Pengetahuan pembeli tentang pasar terbatas

- Terdapat hambatan nutuk memasuki pasar

- Jumlah penjual sedikit

- Barang yang diperjualbelikan heterogen

Pasar persaingan tidak sempurna dibedakan menjadi:

Pasar monopoli, adalah pasar yang sepenuhnya dikuasai satu penjual. Contoh: PLN menguasai listrik di Indonesia.

Ciri-ciri:

-Terdapat satu penjual dan banyak pembeli.

- Harga ditentukan oleh penjual.

- Tidak ada barang lain yang dapat menggantikan barang yang diperjualbelikan.

- Ada rintangan bagi penjual baru yang ingin masuk.

Penyebab timbulnya pasar monopoli:

- Ditetapkan oleh pemerintah berdasarkan undang-undang

- Penggabungan dari berbagai perusahaan

- Adanya hak paten atas hasil karya

Hambatan yang terjadi pada pasar monopoli:

- Penetapan harga serendah mungkin

- Adanya kepemilikan terhadap hak paten/hak cipta dan hak eksklusif

- Pengawasan yang ketat terhadap agen dan distributor

- Adanya skala ekonomis yang sangat besar

- Memiliki sumber daya yang unik

Pasar duopoli, yaitu pasar yang dikuasai oleh dua penjual. Contoh: Caltex dan Pertamina menguasai minyak pelumas.

Ciri-ciri:

- Terdapat dua penjual dan banyak pembeli.

- Harga ditentukan secara sepihak oleh kedua penjua

Pasar oligopoli,  yaitu pasar yang dikuasai oleh beberapa penjual. Contoh: Honda, Suzuki, Yamaha, dan Kawasaki menguasai sepeda motor.

Ciri-ciri:

- Terdapat beberapa penjual dan banyak pembeli

- Barang yang diperjualbelikan bersifat homogen

- Terdapat hambatan bagi penjual baru

- Adanya saling ketergantungan

- Penggunaan iklan sangat intensif

 Pasar monopolistik,  yaitu pasar dimana terdapat banyak produsen yang menjual barang yang sama tetapi dengan berbagai macam variasi.

Ciri-ciri:

- Terdapat banyak produsen

- Barang yang diperjualbelikan sama tetapi dengan berbagai macam variasi

- Adanya kemudahan bagi produsen baru untuk menawarkan produknya

- Selalu terbuka peluang untuk menciptakan persaingan

Pasar monopsoni, yaitu pasar dimana terdapat banyak penjual tetapi pembelinya hanya satu.

Ciri-ciri:

- Terdapat banyak produsen

- Pembeli hanya satu

- Para produsen bersaing keras untuk memberikan pelayanan dan harga serendah mungkin

Struktur pasar/ bentuk pasar:

Pasar Persaingan Sempurna

Pasar Persaingan Sempurna adalah pasar yang memiliki karaktersitik sebagai berikut.

Homogenitas Produk {Homogeneous Product), yaitu produk yang diperjualbelikan homogen atau sejenis.

Pengetahuan Sempurna (.Perfect Knowledge), yaitu pengetahuan konsumen dan produsen sempurna tentang produk dan harga sehingga tidak ad a satu orang produsen dan konsumen pun yang bisa menentukan harga, harga ditentukan oleh kekuatan permintaan dan penawaran yang berinteraksi secara alami di pasar.

Output Perusahaan Belatif Kecil (Small Relativity Output), yaitu jumlah barang di pasar sangat banyak sehingga output perusahaan hanya bagian kecil dari output yang ada di pasar.

Perusahaan Menerima Harga yang Ditentukan Pasar {Price Taker), yaitu harga ditentukan oleh mekanisme pasar, hasil interaksi secara alamiah antara permintaan dan penawaran. Keleluasaan Keluar Masuk Pasar {Free Entry and Exit). Yaitu terdapat kebebasan bagi penjual dan pembeli untuk keluar masuk pasar tanpa hambatan masuk atau hambatan keluar.

Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar yang memiliki karakteristik kebalikan dari pasar persaingan sempurna. Pada pasar ini, penjual bisa menentukan harga dan jumlah barang sehingga diperoleh keuntungan yang maksimal, barang-barang yang diperjualbelikan terdiferensiasi yaitu untuk jenis yang sama memiliki berbagai variasi atau ragam corak dan bentuk, sehingga konsumen dapat membedakan dan melakukan pilihan secara bebas. Barang-barang yang terdiferensiasi tersebut dapat dibedakan melalui kualitas.wama, bentuk,ukuran,merek, aroma, pelayanan dan sebagainya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Persamaan Akuntansi Kelas XII IPA 2

Uji Blok Persamaan Akuntansi Kelas XII IPS 2

Perencanaan Produk Aksesoris Rumah Tangga Kelas X. 1