materi ketenagakerjaan kls XI IPS

B. Jenis pengangguran menurut lama waktu kerja

1.pengangguran terbuka

 Adalah situasi ketika orang sama sekali tidak bekerja dan berusaha mencari pekerjaan.

Pengangguran terbuka disebabkan karena lapangan kerja yang tidak tersedia,ketidakcocokan antara kesempatan kerja dan latar belakang pendidikan,dan tidak mau bekerja.

2.setengah menganggur

Adalah situasi ketika orang bekerja tetapi tenaganya kurang termanfaatkan diukur dari curahan jam kerja ,produktivitas kerja,dan penghasilan yang diperoleh.

3.pengangguran terselubung

Terjadi karena tenaga kerja tidak bekerja secara optimal .kondisi ini disebabkan adanya ketidaksesuaian Antara Pekerjaan Dengan bakat dan kemampuannya.

C. Dampak  Permasalahan Ketenaga kerjaan Dalam pembangunan ekonomi

Pengangguran merupakan masalah pokok dalam suatu masyarakat modern.

Pengangguran berdampak besar terhadap prmbangunan nasional.

Dampak pengangguran terhadap pembangunan nasional dapat dilihat melalui hubungan antara pengangguran dan indikator-indikator berikut ini:

a.pendapatan nasional dan pendapatan perkapita

Upah merupakan salah satu komponen dalam perhitungan pendapatan nasional.pendapatan erkapita adalah pendapatan nasional dibagi jumlah penduduk.oleh karena itu nilai pendapatan nasional yang semakin kecil akibat pengangguran akan menurunkan nilai pendapatan perkapita.

B. Penerimaan negara

Salah satu sumber penerimaan negara adalah pajak ,khususnya pajak penghasilan. Pajak penghasilan. Pajak penghasilan diwajibkan bagi orang- orang yang memiliki penghasilan.

C. Beban psikologis

Semakin lama seseorang menganggur, semakin besar beban psikologis yang harus ditanggung.secara psikologis orang yang menganggur mempunyai perasaan tertekan ,sehingga berpengaruh terhadap berpengaruh terhadap berbagai perilakunya dalam kehidupan.

D. Biaya sosial

dengan semakin besarnya jumlah penganggur l,semakin besar pula biaya sosial yang harus dikeluarkan.

D. CARA-CARA MENGATASI PENGANGGURAN

a. Cara mengatasi pengangguran siklis

Pengangguran siklis adalah pengangguran yang diakibatkan oleh menurun nya kegiatan perekonomian karena resesi. Untuk mengatasi pengangguran siklis dengan cara  meningkatkan daya beli masyarakat .daya beli masyrakat dapat meningkatkan apabila mereka mendapat tambahan penghasilan. bisa dilakukan dengan cara- cara berikut.

1). meningkatkan daya beli masyarakat dengan membuka berbagai proyek-proyek pemerintah

2)  mengarahkan masyarakat agar menggunakan pendapatannya untuk membeli barang dan jasa sehingga permintaan terhadap barang dan jasa meningkat.

3) menciptakan teknik-teknik pemasaran dan promosi yang menarik agar masyarakat tertarik membeli barang dan jasa.

b. Cara mengatasi pengangguran struktural

Pengangguran struktural adalah pengangguran yang diakibatkan oleh perubahan struktur ekonom. Cara mengatasinya adakag pelatihan dan pelatihan tenaga kerja .rasa ingin tahu dan gemar membaca dengan demikian menjadi penting agar tenaga kerja dapat meningkatkan kualitasnya. bisa dilakukan dengan cara-cara berikut.

1) memindahkan para pengangguran ke tempat yang lebih membtuhkan

2) membuka pendidikan dan pelatihan bagi para pengangguran agar dapat mengisi lowongan pekerjaan yang sedang membutuhkan

3) mendirikan industri dan proyek-proyek padat karya untuk menampung para penganggur

c. Cara mengatasi pengangguran Friksional

Penganggguran ini tidak dapat dihilangkan sama sekali dan hanya dapat dikurangi.cara mengatasinya pengangguran friksional adalah mengusahakan informasi yang lengkap tentang permintaan dan penawaran tenaga kerja sehingga proses pelamaran seleksi dan pengambilan keputusan menerima atau tidak berlangsung lebih cepat.

d.cara mengatasi pengangguran musiman

Pengangguran musiman adalah pengangguran yang terjadi pada musim-musim tertentu,seperti petani yang menganggur setelah musim tanam.pengangguran seperti ini dapat diatasi dengan pemberian informasi yang jelas dan tentang ada nya lowongan kerja pada bidang lain dan melatih seseorng agar memiliki keterampilan untuk dapat bekerja pada "masa menunggu" musim tertentu

Terimakasih sudah mengunjungi situs kami.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Persamaan Akuntansi Kelas XII IPA 2

Uji Blok Persamaan Akuntansi Kelas XII IPS 2

Perencanaan Produk Aksesoris Rumah Tangga Kelas X. 1