Materi : Neraca saldo

 Kelas : XII IPS 1,XII IPS 2

 Hari/Tanggal : Jum'at / 23 Oktober 2020

 Kd. 3.3 : Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa



 

Silahkan Komen dibloger tentang cara membuat ayat jurnal penyesuaian sebelum kalian mengerjakan Kertas kerja,perhatikan dengan teliti transaksi yang ada dineraca saldo kemudian silahkan isi absen dibloger ibu batas akhir sampai hari senin 26 oktober 2020

Komentar

  1. Anzeli Hayatun Nuffus
    12 ips 2

    Ayat jurnal penyesuaian dibuat karena masih terdapat data perusahaan yang belum sesuai dengan data riil atau bahkan terdapat transaksi yang belum di catat.ajp dikerjakan sesuai dengan penyesuaian yg telah diberikam ,untuk menyusun jurnal penyesuaiam dbutuhkan dua hal yaitu neraca saldo dan data/ informasi penyesuaian

    Anzeli sudah ibu

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum
    Anzela Hayatun Nuffus
    12 ips 2

    Ayat jurnal penyesuaian dibuat karena masih terdapat data perusahaan yang belum sesuai dengan data riil atau bahkan terdapat transaksi yang belum di catat. Ayat jurnal penyesuaian dibuat untuk menyesuaikan neraca saldo yang belum sesuai dengan transaksi tambahan dan dengan memperhatikan akun akun dari neraca saldo dan Data atau informasi penyesuaian

    Anzela sudah ya ibu

    BalasHapus
  3. Silva ayu ningsih, 12 ips 1

    Ayat Jurnal Penyesuaian adalah yaitu ayat jurnal yang dibuat untuk menyesuaian saldo-saldo rekening yang ada di Neraca Saldo menjadi saldo yang "sebenarnya" sampai dengan akhir periode akuntansi. pembuatan jurnal ini melibatkan beberapa akun sehingga akan menghasilkan saldo yang sesungguhnya. Data dari masing-masing akun selanjutnya akan diolah, dan tersusun sebuah jurnal penyesuaian. Beberapa akun yang terlibat dalam pembuatan jurnal adalah syarat untuk menyusun jurnal. Uraian pada ayat jurnal penyesuaian diatas meliputi : iklan dibayar dimuka, beban gaji, beban perlengkapan kantor, beban listrik dan beban penyusutan gedung.

    BalasHapus
  4. Diana sagita
    12 ips1
    jurnal penyesuaian adalah buku akuntansi yang disusun untuk menyesuaikan saldo pada neraca saldo ketika tiba akhir periode akuntansi sehingga neraca tersebut menampilkan saldo yang aktual, sesuai dengan jumlah aslinya. Yang bertujuan untuk:
    mengoreksi perkiraan-perkiraan yang ada sehingga mencerminkan keadaan aktiva,utang,modal,pendapatan dan biaya yang sebenarnya.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Hazelita syaikha khayyira
    12 ips 2

    Ayat Jurnal Penyesuaian dibuat pada akhir sebuah periode akuntansi yakni pada saat akan membuat laporan keuangan.Pada saat perusahaan tutup buku,perusahaan akan menyusun laporan keuangan agar perusahaan dapat mengetahui posisi keuangan pada periode akuntansi berjalan.
    Dalam ayat jurnal penyesuaian, adapun prosedur yang harus dilakukan dalam membuat jurnal penyesuaian yaitu:
    1.biaya dibyr di muka
    2.Penghasilan Diterima Dimuka
    3.Piutang Pendapatan
    4.Beban yang Masih Harus Dibayar
    5. Penyusutan Aktiva Tetap
    6. kerugian piutang
    7. Biaya Pemakaian Perlengkapan

    BalasHapus
  7. Nama : crieo rachmandhani kurniawan
    12 ips 1
    jurnal penyesuaian adalah buku akuntansi yang disusun untuk menyesuaikan saldo pada neraca saldo ketika tiba akhir periode akuntansi sehingga neraca tersebut menampilkan saldo yang aktual, sesuai dengan jumlah aslinya. Yang bertujuan untuk:
    mengoreksi perkiraan-perkiraan yang ada sehingga mencerminkan keadaan aktiva,utang,modal,pendapatan dan biaya yang sebenarnya

    BalasHapus
  8. Devia sonia anisya
    12 ips 1

    Cara membuat jurnal penyesuaian
    Cara pembuatan jurnal ini melibatkan beberapa akun sehingga akan menghasilkan saldo yang sesungguhnya. Data dari masing-masing akun selanjutnya akan diolah, dan tersusun sebuah jurnal penyesuaian. Beberapa akun yang terlibat dalam pembuatan jurnal ini, adalah syarat untuk menyusun jurnal, antara lain sebagai berikut.

    Menyetarakan saldo di akun perlengkapan. Jika suatu akun perlengkapan memiliki saldo sementara sebesar Rp. 500.000, namun di akhir periode terdapat saldo sisa sebesar Rp. 100.000, maka dilakukan analisis. Menghitung selisih saldo sementara dan saldo akhir, Rp. 500.000 – Rp. 100.000 = Rp. 400.000 adalah jumlah yang sebenarnya. Maka jurnalnya dapat dibuat sebagai berikut.

    Nama akun Debit(Rp) Kredit(Rp)
    Beban perlengkapan 400.000
    Perlengkapan 400.000
    Langkah selanjutnya, menyetarakan akun beban dibayar di muka. Sebagai contoh, ada sebuah kasus akun beban dibayar dimuka sebuah asuransi sebesar Rp. 300.000. Terdapat jumlah biaya yang sudah jatuh tempo sebesar Rp. 200.000. Maka analisis yang harus dituliskan adalah biaya yang sudah jatuh tempo. Dengan mengisikan akun bernama beban asuransi di kolom debit sebesar Rp. 200.000, dan pada kolom kredit adalah akun asuransi dibayar dimuka sebesar Rp. 200.000.

    Nama akun Debit(Rp) Kredit(Rp)
    Beban asuransi 200.000
    Asuransi dibayar dimuka 200.000
    Menyetarakan akun pendapatan, terkait dengan pendapatan yang dibayar dimuka. Sebagai contoh, sebuah akun pendapatan menunjukkan jumlah Rp. 500.000, dan terdapat layanan yang belum dikerjakan sebesar Rp. 200.000. Kemudian, lakukan analisis terhadap keduanya. Karena layanan belum dikerjakan kepada pihak yang mendapatkan, maka pendapatan tersebut belum masuk ke dalam kategori pendapatan (debit). Sehingga akun tersebut termasuk dalam akun yang bersifat kredit.

    Nama akun Debit(Rp) Kredit(Rp)
    Pendapatan jasa 200.000
    Pendapatan diterima dimuka 200.000

    BalasHapus
  9. Fatiha Dalila Putri
    12 ips2

    Jurnal penyesuaian bertujuan untuk menyesuaikan saldo yang ada, sehingga akan menunjukkan nilai saldo yang sesungguhnya dalam suatu periode akuntansi. Sedangkan ayat jurnal sendiri adalah beberapa akun yang diperlukan untuk membuat jurnal sehingga pada akhirnya akan menunjukkan saldo yang sesungguhnya.

    Pembuatan jurnal penyesuaian melibatkan beberapa akun sehingga akan menghasilkan saldo yang sesungguhnya. Data dari masing-masing akun selanjutnya akan diolah, dan tersusun sebuah jurnal penyesuaian.

    BalasHapus
  10. Sevia Ananda Putri
    12 IPS 2

    Jurnal penyesuaian adalah suatu proses penyesuaian tentang catatan atau fakta yang sebenarnya pada akhir periode akuntansi. Jurnal penyesuaian dapat disusun berdasarkan perolehan data dari neraca saldo dan data hasil (informasi) penyesuaian akhir periode. Suatu hal yang harus diketahui dengan ayat jurnal adalah jurnal yang dibuat melalu informasi transaksi sebagai bahan perubahan dalam jurnal ini. Atau sebagai proses pencatatan perubahan saldo. Berasal dari beberapa akun, sehingga mencerminkan jumlah saldo yang sebenarnya.
    Tujuan dari jurnal penyesuaian yakni:
    • Untuk bisa memastikan, adanya mixed account. Mixed account ini sendiri adalah beberapa akun yang masih tergolong akun campuran. Akun-akun seperti ini ada 2 jenis yakni : akun nominal dan akun riil.
    • Agar di akhir dari sebuah periode, akun-akun riil bisa menunjukan jumlah yang pasti. Ini diutamakan bagi akun riil yang berjenis hutang dan aktiva dalam sebuah neraca.
    • Untuk menampilkan jumlah pendapatan yang ada di dalam akun-akun nominal pada sebuah periode akhir. Jadi, kita bisa menemukan jumlah beban beserta jumlah pendapatan yang valid.
    • Meminimalisir adanya kesalahan akibat pos-pos antisipasi.
    • Menjaga sebuah konsistensi yang sudah ditetapkan berdasarkan petunjuk dari sebuah buku pedoman.
    Waktu yang tepat dalam membuat jurnal penyesuaian yaitu, ketika transaksi sudah dicatat tapi tidak dengan kondisi yang sebenarnya dan transaksi yang belum tercatat namun telah terjadi.

    BalasHapus
  11. Dhea Fitri Amanda
    12 IPS 2

    Jurnal penyesuaian adalah proses penyesuaian tentang catatan atau fakta yang sebenarnya pada akhir periode akuntansi.Jurnal penyesuaian disusun berdasarkan data dari neraca saldo dan data (informasi) penyesuaian akhir periode.Ayat jurnal penyesuaian adalah jurnal yang dibuat dalam proses pencatatan perubahan saldo dalam beberapa akun sehingga saldo mencerminkan jumlah saldo yang sebenarnya.

    Fungsi Jurnal Penyesuaian

    1. Menetapkan saldo catatan akun buku besar pada akhir periode sehingga setiap perkiraan saldo riil, khususnya perkiraan harta dan kewajiban menunjukkan jumlah yang sebenarnya.
    2. Menghitung setiap perkiraan nominal (perkiraan pendapatan dan beban) yang sebenarnya selama periode yang bersangkutan.

    BalasHapus
  12. Nama : SOFIA ANANTA
    Kelas : 12 IPS 1
    Ayat jurnal adalah beberapa akun yang diperlukan untuk membuat jurnal sehingga pada akhirnya akan menunjukkan saldo yang sesungguhnya. Perusahaan tidak harus membuat jurnal, namun jika terdapat suatu kondisi yang memerlukan bantuan jurnal, maka perusahaan wajib membuatnya. Ayat jurnal penyesuaian atau AJP sendiri adalah beberapa penyesuaian dari proses pembuatan jurnal dalam siklus akuntansi. Hal ini diperlukan jika pembuatan neraca saldo sudah selesai. Ada 2 kelompok jenis akun yang memerlukan ayat jurnal penyesuaian, yaitu:
    1. kelompok akun yang melibatkan penerimaan atau pengeluaran kas di awal, yaitu beban dibayar di muka (prepaid expenses) dan pendapatan diterima di muka (unearned revenue). Kelompok ini sering disebut sebagai pos tangguhan (deferral).
    2. kelompok yang melibatkan penerimaan atau pengeluaran kas dibelakang, yaitu akruan pendapatan (accrued revenues) dan akruan beban (accrued expenses).

    BalasHapus
  13. Friska prisilia
    12 Ips 1
    Adjusting entries (ayat penyesuaian) adalah suatu ayat jurnal yang dibuat untuk mencatat perubahan-perubahan yang belum diakui atas aktiva, pasiva, pendapatan, dan beban. Ayat penyesuaian meliputi ayat-ayat yang mengakui penyusutan yang terjadi, beban utang yang masih harus dibayar, pendapatan yang masih harus diterima, beban bunga yang masih harus dibayar, beban piutang tak tertagih dan persediaan akhir bila menggunakan periodie inventory method.

    BalasHapus
  14. Mutiara zhafarina utami
    12 IPS 1
    Jurnal penyesuaian adalah jurnal yang digunakan untuk menyesuaikan nilai dalam neraca saldo. Sedangkan neraca saldo itu sendiri, merupakan akumulasi pada periode akuntansi. Hal yang diakumulasikan adalah neraca awal dan transaksi yang terjadi.
    Fungsinya ada beberapa. Pertama untuk menetapkan saldo catatan akun buku besar pada akhir periode. Selanjutnya, untuk menghitung pendapatan dan beban selama periode bersangkutan.
    Di dalamnya, dikenal juga ayat jurnal. Hal yang dimaksud dengan ayat jurnal adalah jurnal yang dibuat sebagai bahan perubahan dalam jurnal ini. Atau sebagai proses pencatatan perubahan saldo. Berasal dari beberapa akun, sehingga mencerminkan jumlah saldo yang sebenarnya.
    Fungsi lainnya adalah untuk melengkapi catatan akuntansi. Khususnya catatan akuntansi atau kegiatan perusahaan yang bersifat ekonomis. Akan tetapi tidak tercatat dalam jurnal transaksi. Misalnya jurnal penyusutan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Persamaan Akuntansi Kelas XII IPA 2

Uji Blok Persamaan Akuntansi Kelas XII IPS 2

Perencanaan Produk Aksesoris Rumah Tangga Kelas X. 1