Materi : Neraca saldo

 Kelas : ,XII IPS 2

 Hari/Tanggal : Senen / 26  Oktober 2020
 
 Kd. 3.3 : Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa



Silahkan Komen dibloger tentang cara membuat ayat jurnal penyesuaian sebelum kalian mengerjakan Kertas kerja,perhatikan dengan teliti transaksi yang ada dineraca saldo kemudian silahkan isi absen dibloger ibu batas akhir sampai hari senin 26 oktober 2020,terakhir hari ini yang tidak mengumpul tidak ibu terima lagi dan nilai akan direkap

Komentar

  1. Hazelita syaikha khayyira
    12 ips 2

    Ayat Jurnal Penyesuaian dibuat pada akhir sebuah periode akuntansi yakni pada saat akan membuat laporan keuangan.Pada saat perusahaan tutup buku,perusahaan akan menyusun laporan keuangan agar perusahaan dapat mengetahui posisi keuangan pada periode akuntansi berjalan.
    Dalam ayat jurnal penyesuaian, adapun prosedur yang harus dilakukan dalam membuat jurnal penyesuaian yaitu:
    1.biaya dibyr di muka
    2.Penghasilan Diterima Dimuka
    3.Piutang Pendapatan
    4.Beban yang Masih Harus Dibayar
    5. Penyusutan Aktiva Tetap
    6. kerugian piutang
    7. Biaya Pemakaian Perlengkapan

    BalasHapus
  2. Sevia Ananda Putri
    12 IPS 2

    Jurnal penyesuaian adalah suatu proses penyesuaian tentang catatan atau fakta yang sebenarnya pada akhir periode akuntansi. Jurnal penyesuaian dapat disusun berdasarkan perolehan data dari neraca saldo dan data hasil (informasi) penyesuaian akhir periode. Suatu hal yang harus diketahui dengan ayat jurnal adalah jurnal yang dibuat melalu informasi transaksi sebagai bahan perubahan dalam jurnal ini. Atau sebagai proses pencatatan perubahan saldo. Berasal dari beberapa akun, sehingga mencerminkan jumlah saldo yang sebenarnya.

    Tujuan dari jurnal penyesuaian yakni:
    • Untuk bisa memastikan, adanya mixed account. Mixed account ini sendiri adalah beberapa akun yang masih tergolong akun campuran. Akun-akun seperti ini ada 2 jenis yakni : akun nominal dan akun riil.
    • Agar di akhir dari sebuah periode, akun-akun riil bisa menunjukan jumlah yang pasti. Ini diutamakan bagi akun riil yang berjenis hutang dan aktiva dalam sebuah neraca.
    • Untuk menampilkan jumlah pendapatan yang ada di dalam akun-akun nominal pada sebuah periode akhir. Jadi, kita bisa menemukan jumlah beban beserta jumlah pendapatan yang valid.
    • Meminimalisir adanya kesalahan akibat pos-pos antisipasi.
    • Menjaga sebuah konsistensi yang sudah ditetapkan berdasarkan petunjuk dari sebuah buku pedoman.

    Waktu yang tepat dalam membuat jurnal penyesuaian yaitu, ketika transaksi sudah dicatat tapi tidak dengan kondisi yang sebenarnya dan transaksi yang belum tercatat namun telah terjadi.

    BalasHapus
  3. Fatiha Dalila Putri
    12 ips2

    Jurnal penyesuaian bertujuan untuk menyesuaikan saldo yang ada, sehingga akan menunjukkan nilai saldo yang sesungguhnya dalam suatu periode akuntansi. Sedangkan ayat jurnal sendiri adalah beberapa akun yang diperlukan untuk membuat jurnal sehingga pada akhirnya akan menunjukkan saldo yang sesungguhnya.

    Pembuatan jurnal penyesuaian melibatkan beberapa akun sehingga akan menghasilkan saldo yang sesungguhnya. Data dari masing-masing akun selanjutnya akan diolah, dan tersusun sebuah jurnal penyesuaian.

    Hal hal yang perlu disesuaikan dalam ayat jurnal penyesuaian:
    1. Kelompok akun yang melibatkan penerimaan atau pengeluaran kas di awal, yaitu: Beban dibayar dimuka dan Pendapatan diterima dimuka.
    2. Kelompok yang melibatkan penerimaan atau pengeluaran kas di belakang, yaitu: Piutang pendapat, Beban masih harus dibayar, Penyusutan aktiva tetap, Kerugian piutang, dan Biaya pemakaian perlengkapan.

    BalasHapus
  4. Dhea Fitri Amanda
    12 IPS 2

    Jurnal penyesuaian adalah proses penyesuaian tentang catatan atau fakta yang sebenarnya pada akhir periode akuntansi.Jurnal penyesuaian disusun berdasarkan data dari neraca saldo dan data (informasi) penyesuaian akhir periode.Ayat jurnal penyesuaian adalah jurnal yang dibuat dalam proses pencatatan perubahan saldo dalam beberapa akun sehingga saldo mencerminkan jumlah saldo yang sebenarnya.

    Fungsi Jurnal Penyesuaian

    1. Menetapkan saldo catatan akun buku besar pada akhir periode sehingga setiap perkiraan saldo riil, khususnya perkiraan harta dan kewajiban menunjukkan jumlah yang sebenarnya.
    2. Menghitung setiap perkiraan dan beban) yang sebenarnya selama periode yang bersangkutan.
    3. Untuk bisa memastikan, adanya mixed account. Mixed account ini sendiri adalah beberapa akun yang masih tergolong akun campuran. Akun-akun seperti ini ada 2 jenis yakni : akun nominal dan akun riil.
    4. Agar di akhir dari sebuah periode, akun-akun riil bisa menunjukan jumlah yang pasti. Ini diutamakan bagi akun riil yang berjenis hutang dan aktiva dalam sebuah neraca.
    Dalam ayat jurnal penyesuaian, adapun prosedur yang harus dilakukan dalam membuat jurnal penyesuaian yaitu: 
    1.biaya dibyr di muka
    2.Penghasilan Diterima Dimuka
    3.Piutang Pendapatan
    4.Beban yang Masih Harus Dibayar
    5. Penyusutan Aktiva Tetap
    6. kerugian piutang
    7. Biaya Pemakaian Perlengkapan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Persamaan Akuntansi Kelas XII IPA 2

Uji Blok Persamaan Akuntansi Kelas XII IPS 2

Perencanaan Produk Aksesoris Rumah Tangga Kelas X. 1